Sejarah Gitar: Perjalanan Panjang Alat Musik yang Mendunia

Sabtu, 15 Juni 2024 - 06:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy


Globalradio.co.id-Gitar adalah salah satu alat musik paling populer di dunia, digunakan dalam berbagai genre musik dari klasik hingga rock.

Namun, sejarah gitar adalah perjalanan panjang yang melibatkan berbagai budaya dan evolusi teknologi. Berikut adalah perjalanan singkat dari asal mula gitar hingga menjadi alat musik yang kita kenal dan cintai saat ini.

Asal Mula dan Evolusi Awal

Asal mula gitar dapat ditelusuri kembali ke beberapa ribu tahun yang lalu. Instrumen petik pertama kali muncul di Mesopotamia sekitar 3500 SM. Namun, bentuk awal dari gitar modern lebih sering dikaitkan dengan alat musik yang berkembang di wilayah Timur Tengah dan Mediterania.

Lute dan Oud:

Pada Abad Pertengahan, instrumen yang mirip dengan gitar modern mulai muncul di Eropa. Lute, yang memiliki badan berbentuk buah pir dan leher panjang, adalah salah satu instrumen yang paling berpengaruh. Di Timur Tengah, alat musik yang dikenal sebagai oud juga memainkan peran penting dalam evolusi gitar. Kedua instrumen ini memiliki senar yang dipetik dan memberikan dasar bagi perkembangan gitar.

Perkembangan di Spanyol

Gitar mulai mengambil bentuk yang lebih dikenal di Spanyol pada abad ke-15 dan ke-16. Instrumen ini dikenal sebagai vihuela di Spanyol dan sangat populer di kalangan bangsawan. Vihuela memiliki enam pasang senar dan dimainkan dengan teknik yang mirip dengan gitar modern.

Guitarra Latina dan Guitarra Morisca:

Pada periode yang sama, ada dua jenis gitar utama yang dimainkan di Spanyol: guitarra latina (gitar Latin) dan guitarra morisca (gitar Moor). Guitarra latina memiliki bentuk yang lebih mirip dengan gitar modern, sedangkan guitarra morisca memiliki lubang suara oval dan leher yang lebih pendek.

Abad ke-17 hingga ke-19: Gitar Klasik

Pada abad ke-17, gitar enam senar mulai menggantikan vihuela dan menjadi instrumen yang dominan di Spanyol. Bentuk dan ukuran gitar juga mulai distandarisasi, dan desain ini dikenal sebagai gitar barok.

Gitar Klasik:

Pada awal abad ke-19, gitar klasik mulai muncul dengan bentuk yang lebih mirip dengan gitar modern. Gitar klasik memiliki badan yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan senar yang terbuat dari usus hewan atau serat sintetis. Antonio de Torres, seorang luthier Spanyol, memainkan peran penting dalam mengembangkan desain gitar klasik yang kita kenal hari ini. Ia memperkenalkan beberapa inovasi seperti top table yang lebih tipis dan bracing internal untuk meningkatkan kualitas suara.

Abad ke-20: Gitar Elektrik dan Perkembangan Modern

Revolusi berikutnya dalam sejarah gitar terjadi pada abad ke-20 dengan penemuan gitar elektrik. Pada tahun 1931, George Beauchamp dan Adolph Rickenbacker menciptakan gitar listrik pertama dengan pick-up elektromagnetik, yang memungkinkan suara gitar diperkuat melalui amplifier.

Gitar Elektrik:

Gitar elektrik dengan cepat menjadi populer, terutama dalam genre musik jazz, blues, dan rock ‘n’ roll. Fender dan Gibson adalah dua perusahaan yang memimpin dalam inovasi gitar elektrik. Fender Telecaster, diperkenalkan pada tahun 1950, adalah gitar elektrik solid-body pertama yang diproduksi secara massal. Gibson Les Paul, yang dirancang oleh Les Paul dan diperkenalkan pada tahun 1952, juga menjadi ikon dalam dunia musik.

Gitar Akustik Modern:

Gitar akustik juga mengalami perkembangan signifikan pada abad ke-20. Martin dan Taylor adalah dua produsen gitar akustik yang sangat berpengaruh. Mereka memperkenalkan berbagai inovasi dalam desain dan konstruksi gitar, seperti penggunaan kayu berkualitas tinggi dan teknik bracing yang lebih canggih.

Gitar dalam Budaya Populer

Seiring berjalannya waktu, gitar telah menjadi simbol dalam berbagai genre musik dan budaya populer. Dari rock ‘n’ roll era Elvis Presley dan The Beatles hingga musik pop modern, gitar terus memainkan peran sentral dalam menciptakan suara dan gaya musik yang berbeda.

Gitar juga memiliki peran penting dalam budaya dan identitas berbagai komunitas di seluruh dunia. Di Amerika Latin, gitar adalah instrumen utama dalam musik mariachi dan flamenco. Di India, gitar telah diadaptasi ke dalam berbagai bentuk musik klasik dan film Bollywood.

Sejarah gitar adalah cerita panjang tentang evolusi alat musik yang telah melintasi berbagai budaya dan era. Dari akar-akarnya di Mesopotamia hingga menjadi ikon budaya pop modern, gitar telah memainkan peran penting dalam perkembangan musik. Dengan berbagai bentuk dan jenis yang ada saat ini, gitar terus menjadi alat musik yang dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Profil Bos Jos Bus Raja Sawer Asal Brebes yang sedang Dekati Dian Anic
Mengenal Lagu “Jang” dari Oon B: Karya Pop Sunda yang Penuh Makna
JIS Jadi Venue Konser Bruno Mars di Jakarta, Kok Bukan GBK? Ini Alasannya
Hari Musik Sedunia: Awal Mula Diperingati dan Cara Merayakan di Berbagai Negara
Biodata Duta Sheila on 7: Umur dan Lagu Populer yang Diciptakan
TREASURE Siap Tutup Konser Tur REBOOT di Seoul pada Bulan Agustus
5 Grup Band Termahal di Indonesia Dengan Bayaran Fantastis
Vokalis Avenged Sevenfold dan Sejarah Singkat Terbentuknya Grup Band

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 08:12 WIB

Profil Bos Jos Bus Raja Sawer Asal Brebes yang sedang Dekati Dian Anic

Rabu, 10 Juli 2024 - 14:07 WIB

Mengenal Lagu “Jang” dari Oon B: Karya Pop Sunda yang Penuh Makna

Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:55 WIB

JIS Jadi Venue Konser Bruno Mars di Jakarta, Kok Bukan GBK? Ini Alasannya

Kamis, 20 Juni 2024 - 18:56 WIB

Hari Musik Sedunia: Awal Mula Diperingati dan Cara Merayakan di Berbagai Negara

Rabu, 19 Juni 2024 - 22:49 WIB

Biodata Duta Sheila on 7: Umur dan Lagu Populer yang Diciptakan

Berita Terbaru

Tutorial

Cara Isi Shopeepay Lewat Dana, Syarat dan Biaya Admin

Kamis, 18 Jul 2024 - 17:07 WIB