Game MOBA Pertama di Android hingga yang Paling Populer Saat ini

Selasa, 2 Juli 2024 - 09:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Globalradio.co.id-Sekarang ini terdapat banyak sekali game moba dan yang rilis paling baru ada honor of kings. Lantas apa game moba pertama di android dan bagaimana sejarah genre satu ini hingga menjadi salah satu yang populer, selengkapnya anda bisa menyimak ulasan yang kami bagikan ini sampai selesai.

Genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) telah menjadi salah satu genre game paling populer di dunia, termasuk di platform Android. Sejak kemunculannya, MOBA terus berkembang dan menarik jutaan pemain dengan gameplay yang strategis dan kompetitif.

Untuk yang belem mengetahui sejarah MOBA di Android, perkembangan genre ini hingga saat ini, serta persaingan sengit antara dua raksasa MOBA: Mobile Legends dan pendatang baru, Honor of Kings, dapat menyimaknya disini.

Sejarah MOBA di Android

Awal Kemunculan MOBA

MOBA pertama kali dikenal melalui permainan komputer seperti “Defense of the Ancients” (DotA) dan “League of Legends” (LoL). Popularitas genre ini kemudian merambah ke platform mobile, mengikuti tren game yang semakin beralih ke perangkat seluler.

MOBA Pertama di Android

Game MOBA pertama yang hadir di Android adalah “Heroes of Order & Chaos” yang dikembangkan oleh Gameloft dan dirilis pada tahun 2012. Game ini menjadi pionir dalam membawa pengalaman bermain MOBA ke perangkat seluler. Heroes of Order & Chaos menawarkan peta 5v5 klasik dengan berbagai hero yang bisa dipilih oleh pemain, mirip dengan pengalaman bermain MOBA di PC.

Perkembangan MOBA di Android

Mobile Legends: Bang Bang

Salah satu game MOBA paling sukses di Android adalah “Mobile Legends: Bang Bang” yang dikembangkan oleh Moonton. Dirilis pada tahun 2016, Mobile Legends dengan cepat menarik perhatian para pemain dengan gameplay yang intuitif dan pertandingan yang cepat. Berikut beberapa faktor yang membuat Mobile Legends populer:

  • Mobile Legends dapat dimainkan di hampir semua perangkat Android, bahkan yang memiliki spesifikasi rendah sekalipun.
  • Dengan komunitas yang luas, Mobile Legends selalu memiliki pemain aktif, membuat matchmaking menjadi cepat dan efisien.
  • Moonton secara rutin merilis hero baru, skin, dan event yang membuat pemain terus kembali.

Game MOBA Lainnya di Android

Selain Mobile Legends, beberapa game MOBA lainnya yang juga meraih kesuksesan di platform Android adalah “Arena of Valor” dan “Vainglory”. Keduanya menawarkan gameplay yang menarik dengan grafis berkualitas tinggi dan berbagai hero yang unik.

Arena of Valor: Dikembangkan oleh Tencent, Arena of Valor menawarkan pengalaman MOBA dengan lisensi resmi dari DC Comics, menampilkan karakter seperti Batman dan Superman sebagai hero yang dapat dimainkan.

Vainglory: Dikenal dengan grafisnya yang mengagumkan dan gameplay yang mendalam, Vainglory berhasil menarik perhatian banyak pemain yang mencari pengalaman MOBA yang lebih serius dan kompetitif di perangkat seluler.

Kemunculan Honor of Kings

Apa Itu Honor of Kings?

Honor of Kings, juga dikenal sebagai “King of Glory” di China, adalah game MOBA yang dikembangkan oleh Tencent. Game ini pertama kali dirilis di China pada tahun 2015 dan telah menjadi salah satu game paling populer di dunia dengan lebih dari 200 juta pemain terdaftar.

Rilis Global dan Dampaknya

Pada 20 Juni 2024, Honor of Kings resmi dirilis secara global. Peluncuran ini membawa perubahan besar dalam lanskap MOBA di Android. Dalam waktu singkat, Honor of Kings berhasil mencapai 10 juta unduhan di Google Play Store, menunjukkan bahwa game ini memiliki potensi besar untuk bersaing dengan Mobile Legends.

Perbandingan Mobile Legends dan Honor of Kings

Grafik dan Desain

Mobile Legends: Dikenal dengan grafik yang cukup sederhana namun tetap menarik, memungkinkan game ini dimainkan di berbagai perangkat dengan spesifikasi yang berbeda.

Honor of Kings: Mengusung grafik yang lebih realistis dan detail, Honor of Kings menawarkan pengalaman visual yang lebih memukau, terutama bagi pemain yang menggunakan perangkat dengan spesifikasi tinggi.

Gameplay dan Hero

Mobile Legends: Menawarkan berbagai mode permainan dan lebih dari 100 hero yang dapat dimainkan, setiap hero memiliki skill yang unik dan terus diperbarui.

Honor of Kings: Juga menawarkan berbagai mode permainan dengan lebih dari 90 hero. Hero di Honor of Kings sering kali memiliki latar belakang yang lebih dalam dan desain yang lebih kompleks.

Komunitas dan Kompetisi

Mobile Legends: Memiliki komunitas yang sangat besar di Asia Tenggara dan banyak turnamen eSports yang digelar, termasuk Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL).

Honor of Kings: Meskipun baru saja dirilis secara global, Honor of Kings sudah memiliki basis pemain yang kuat di China dan berencana mengadakan turnamen global untuk menarik lebih banyak pemain internasional.

Tantangan dan Peluang ke Depan

Adaptasi dan Inovasi

Kedua game ini harus terus berinovasi untuk mempertahankan dan menarik lebih banyak pemain. Baik Mobile Legends maupun Honor of Kings perlu mengadaptasi fitur-fitur baru yang menarik serta menjaga keseimbangan dalam permainan untuk memastikan pengalaman bermain yang adil bagi semua pemain.

Persaingan di Pasar Global

Dengan Honor of Kings yang kini hadir di pasar global, persaingan dengan Mobile Legends akan semakin ketat. Keduanya harus berupaya untuk tidak hanya mempertahankan pemain yang ada tetapi juga menarik pemain baru melalui promosi, kolaborasi, dan penyelenggaraan event khusus.

Kesimpulan

Perjalanan MOBA di Android dimulai dari Heroes of Order & Chaos dan berkembang pesat dengan hadirnya Mobile Legends. Kini, dengan kehadiran Honor of Kings di pasar global, persaingan dalam genre ini semakin menarik. Kedua game menawarkan keunikan tersendiri dalam hal gameplay, grafik, dan komunitas.

Bagi para pemain, ini adalah kesempatan untuk menikmati berbagai pengalaman MOBA yang kaya dan bervariasi. Baik Mobile Legends maupun Honor of Kings memiliki potensi besar untuk terus mendominasi genre MOBA di platform Android, memberikan hiburan dan tantangan bagi jutaan pemain di seluruh dunia.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Panduan Arcana, Build, dan Item Hero Arli Honor of Kings Seperti Pro Player
Kode Redeem Zenless Zone Zero Juli 2024 Buruan Segera Klaim Sebelum Terlambat
Daftar Lengkap Nama Item Mobile Legends Update Terbaru 2024
Cirrus HoK Build Item Terbaik 2024, Kemampuan dan Tips Bermain
Doria Honor of Kings: Skill, Arcana, Mantra dan Panduan Build Item Terbaik
Honor of Kings Merayakan Satu Bulan Rilis dengan Membagikan 30.000 Token
Cara Download Honor of Kings China, Kelebihan dan Fitur-Fiturnya
Code Gift HoK Terbaru bulan Juli 2024 dan Hadiah yang bisa Didapatkan

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:38 WIB

Panduan Arcana, Build, dan Item Hero Arli Honor of Kings Seperti Pro Player

Kamis, 18 Juli 2024 - 22:23 WIB

Kode Redeem Zenless Zone Zero Juli 2024 Buruan Segera Klaim Sebelum Terlambat

Rabu, 17 Juli 2024 - 16:11 WIB

Daftar Lengkap Nama Item Mobile Legends Update Terbaru 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 21:03 WIB

Cirrus HoK Build Item Terbaik 2024, Kemampuan dan Tips Bermain

Selasa, 16 Juli 2024 - 20:44 WIB

Doria Honor of Kings: Skill, Arcana, Mantra dan Panduan Build Item Terbaik

Berita Terbaru

Tutorial

Cara Isi Shopeepay Lewat Dana, Syarat dan Biaya Admin

Kamis, 18 Jul 2024 - 17:07 WIB