Bapak Bangsa Afrika Selatan, Nelson Mandela Meninggal Dunia

Selasa, 1 Mar 2016 - 00:00 WIB

Teman seperjuangan Nelson Mandela dalam melawan politik apartheid, Uskup Agung Desmond Tutu menyebut Mandela adalah hadiah terindah bagi umat manusia.

"Ia membuat Afrika Selatan dan Afrika merasa baik tentang menjadi siapa kita sebenarrnya. Dia membuat kita berjalan tinggi. Terpujilah Tuhan," ujar dia, seperti dilansir dari BBC, Jumat (6/12/2013).

Mandela yang wafat pada usia 95 tahun ini, memimpin Afrika Selatan dalam masa transisinya dari pengaruh kebijakan minoritas kulit putih di Afrika Selatan pada 1990, setelah 27 tahun mendekam di penjara.

Dia telah berjuang melawan penyakit infeksi paru-parunya dan harus dirawat intensif di rumah setelah tiga bulan berada di rumah sakit. Bendera setengah tiang akan dipasang di penjuru Afrika Selatan untuk menghormati mantan Presiden Nelson Mandela yang telah wafat.

"Mandela juga akan dimakamkan dengan upacara kenegaraan," ucap Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, seperti dilansir dari BBC, Jumat (6/12/2013).

Koresponden BBC mengungkapkan jika jenazah Mandela akan dipindahkan ke rumah duka dan pemakamannya baru akan dilakukan pada Sabtu, 7 Desember 2013 waktu setempat.

Kerumunan orang yang berduka pun berkumpul di rumah Mandela. Beberapa dari mereka melambaikan bendera Afrika Selatan dan mengenakan kaus bergambar Mandela.

 

Sumber : okezone