Sepertinya Disney kehilangan Sentuhan Ajaibnya

Selasa, 1 Mar 2016 - 00:00 WIB

Ya dan tidak. Disney memang melakukan kerja hebat lewat sekuel “Pirates of the Caribbean” dan “National Treasure” (yang anehnya hanya dibuat dua sekuel), namun sebagian besar film mereka yang sukses berasal dari film-film yang dirilis melalui Pixar dan Marvel Studios, dua perusahaan yang diakusisi Mouse House. Meski mereka tidak menyandang nama Disney, keuntungan film unggulan tahun ini “Monster University” dan film laris tahun lalu “The Avengers” masuk ke perusahaan yang sama.

Bahkan jika rumah produksi milik Disney sendiri tidak selalu sesukses atau “sekreatif” Pixar atau Marvel, sebenarnya tidak begitu penting karena... tentu saja, Disney adalah Disney, entah mereka berbagi logo dengan perusahaan di bagian pembukaan atau penutup filmnya. “Merek Disney tidak tergangu atau tenggelam – pada dasarnya mereka akan berkembang dan mencapai tingkatan baru,“ kata Phil Contrino, analis dari BoxOffice.com. “Mungkin film-film produksi Disney tidak akan sebagus ‘Iron Man’, namun itu tidak penting. Itu adalah Disney dan semuanya bagus.”

Tidak hanya di Film The Lone Ranger Disney mengalami keterpurukan tapi ada beberapa film yang sudah diproduksi dengan biaya yang cukup besar tapi gagal di pasara seperti John Carter (2012) salah satunya.