Marketeers XFest 2023 DESIGN YOUR FUTURE: Pursuit of Personal & Professional Passion

Selasa, 30 Nov 1999 - 00:00 WIB

Jakarta, 8 Maret 2023 - Mengulang kesuksesan tahun-tahun sebelumnya, Marketeers kembali menggelar Marketeers XFest 2023. Ini merupakan gelaran Marketeers XFest yang ketiga kalinya. Tahun ini, Marketeers XFest mengusung tema DESIGN YOUR FUTURE: Pursuit of Personal & Professional Passion. Rangkaian kegiatan Marketeers XFest 2023 terdiri dari, Conference, Marketeers Innovation Challenge (MIC) yang merupakan kompetisi kreativitas dan ideas bagi para Gen Z, dan penghargaan Youth Choice Award. Berbeda dengan dua gelaran sebelumnya, tahun ini Conference yang merupakan pestanya para Gen Z terbesar ini digelar selama dua hari.

Menggandeng Internasional Marketing Community of BINUS (IMCB) sebagai strategic partner, Marketeers XFest tahun ini digelar di Anggrek Campus-Binus University dari tanggal 7-8 Maret 2023. Pada hari pertama diisi dengan workshop yang menghadirkan para pembicara para profesional dari berbagai industri dan entrepreneur sukses. Pada hari kedua, sebagai puncak conference yang digelar secara hybrid, diisi oleh pembicara dari perusahaan-perusahaan ternama, seperti Pertamina, Antam, Telkomsel, V2 Indonesia, BCA, dentsu Indonesia, dan lainnya. Total ada 28 pembicara yang mengisi Marketeers XFest 2023, melibatkan 600 audiens offline, dan lebih dari 3.000 peserta online.

Para peserta ini merupakan para mahasiswa yang tersebar di puluhan kampus ternama di berbagai kota Indonesia, mulai dari Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Salatiga, Purwokerto, Surabaya, Malang, Mataram, Samarinda, Palembang, dan lainnya. “Marketeers XFest merupakan platform bagi merek supaya lebih engage dengan Gen Z. Generasi yang dikenal sebagai digital native pertama ini lahir pada periode tahun 1995-2010. Mereka menjadi kunci sukses pemasaran saat ini. Sebagian dari mereka sudah mewarnai dunia kerja dan membuat kultur kerja yang dinamis. Oleh karenanya, sudah saatnya merek mulai mendekatkan diri dan membangun citra positif pada Gen Z,” kata Iwan Setiawan, CEO Marketeers saat membuka Marketeers XFest 2023, Rabu (08/03/2023).

Iwan menambahkan, karakter Gen Z sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Hal tersebut membuat merek sering salah langkah ketika mendesain strategi dalam menggarap generasi ini. Oleh karenanya, merek harus benar-benar memahami kehidupan dan karakter Gen Z tersebut. Ia menyebut salah satu karakter Gen Z adalah keautentikan. “Mereka mereka adalah segmen autentik yang ingin mengekspresikan diri mereka apa adanya dan tidak jaim (jaga image) seperti generasi sebelumnya. Selain itu, Gen Z cenderung lebih fokus pada utilitas atau manfaat produk secara fungsional. Gen Z merasakan kebahagiaan bila mereka dapat berkumpul dengan keluarga maupun teman-temannya,” katanya. Marketeers XFest semakin berbobot dengan adanya Marketeers Innovation Challenge (MIC) yang sebelumnya bernama Marketeers Case Competition. Tahun ini, ada 50 grup dari berbagai kampus ternama di Indonesia, seperti UGM, UI, Undip, ITB, IPB, Universitas Brawijaya, Binus University, dan lainnya yang mendaftar MIC dan melibatkan lebih dari 300 mahasiswa. Marketeers Innovation Challenge mendapat dukungan penuh dari MyPertamina, Telkomsel, dan Antam.

Selanjutnya, dalam Marketeers XFest 2023 digelar pula Marketeers Youth Choice Award (YCA) 2023. Ini merupakan penghargaan untuk para merek yang menjadi pilihan para Gen Z. Marketeers Youth Choice Award berdasarkan online voting yang melibatkan 1.222 responden dari kalangan mahasiswa yang tersebar di berbagai kampus di Indonesia.