Di Balik Suksesnya Festival Musik

Selasa, 30 Mar 2021 - 00:00 WIB

Synchronize Fest merupakan acara festival musik yang menyatukan ratusan musisi dari beragam genre. Salah satu sosok di balik layar suksesnya festival musik terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara tersebut adalah Kiki Aulia Ucup atau yang kerap disapa Ucup. Pria bernama asli Rizky Aulia itu, ternyata juga merupakan manager untuk beberapa artis tanah air seperti Danilla Riyadi, Adhitia Sofyan, dan Barasuara.

Seperti kita ketahui akibat pandemi COVID-19 yang terjadi, Synchronize Fest 2020 tidak dapat diselenggarakan di 2020 tahun kemarin. Namun, tahun ini melalui Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sudah memberikan lampu hijau untuk penyelenggara dan penikmat festival musik Tanah Air.

Ucup pun mengungkapkan kabar baik ini serta merencanakan adanya Synchronize Fest di tahun ini. Memang, Ucup bukan dari kalangan musisi, namun kemampuannya dalam membuat festival musik tanah air sudah tidak perlu diragukan lagi. Dia merupakan seorang festival programmer atau program director yang memiliki kreatifitas tinggi.

Melihat dedikasinya untuk kemajuan industri musik tanah air, Ucup bisa dibilang salah satu orang dibalik pencapaian kesuksesan Synchronize Fest. Namun, hal tersebut tidak membuat Ucup besar kepala, terbukti sampai saat ini Ucup masih menyempatkan diri untuk berbagi ilmu dan pengalamannya.

Seperti pada kesempatan yang diselenggarakan Global Radio Jakarta, dengan tema Di Balik Suksesnya Festival Musik.

“Pemilihan tema ini juga tidak lepas dari perayaan Hari Musik Nasional di tanggal 9 Maret kemarin. Semoga dengan adanya SKOOL ketiga, bisa menambah antusias anak muda terhadap musik lokal,” ujar Verry Firmansyah, Marketing Head MNC Radio Networks.

Acara ini dipandu oleh Adit Insomnia dan juga dimeriahkan oleh Feel Koplo pada Minggu (28/03/2021). Ucup membagikan beberapa hal tentang bagaimana cara membuat festival musik yang baik.

‘’Karena di SKOOL akan membahas beberapa hal seperti, seluk-beluk dan fun fact tentang Synchronize Fest.’’ ujar Ucup.

SKOOL kali ini pun mengupas tentang Synchronize Fest, termasuk hal dasar yang belum pernah dibahas oleh Kiki Aulia Ucup tentang cara membuat festival musik yang berhasil, antara lain:

Kolaborasi

Kolaborasi merupakan faktor penting, bisa membawa relasi yang lebih luas, cari teman sebanyak-banyaknya lalu belajar.

Menentukan arah tujuan

Fungsi dari menentukan arah tujuan atau mengetahui goals adalah supaya dapat menyusun strategi dan membaca hal yang paling memungkinkan, menurut Ucup proses merupan hal paling penting.

Menentukan Karakter

Kita harus bisa mengetahui karakter yang kita miliki supaya berbeda dengan yang lain (mempunyai ciri khas), Identitas itu sangat penting, dalam membangun karakter tidak bisa instan dan pastinya membutuhkan proses untuk dapat diingat orang dengan baik.  Ucup mengungkapkan bahwa hal yang instan akan cepat turun (redup).

Merubah Industrinya

Mengingat perputaran penikmat musik sangat cepat (4-5 tahun) pasarnya pasti akan berubah lagi, ditambah saat ini sosial media sudah bisa menjangkau apa yang sedang populer, jadi harus bisa menciptakan hal yang berbeda.

Bukan hanya itu, diakhir sesi tanya jawab, Ucup juga mengungkapkan hambatan dalam mengadakan festival musik, ‘’Hambatan paling besar mengadakan festival adalah diri sendiri, seperti rasa tidak puas yang sering kali melanda dan ide yang mentok’’ ujar Ucup. Ia juga mengingatkan untuk terus membangun relasi dengan cara berteman dengan siapapun, mencoba hal baru dan jangan malu untuk memulai dari bawah.