Tips Mengatur Keuangan Untuk Anak Muda

Jumat, 29 Jan 2021 - 00:00 WIB

Mungkin karena merasa belum mempunyai tanggungan, akan tetapi selagi masih muda dan belum mempunyai tanggungan lebih baik kamu mengatur perencanaan keuangan kamu, untuk menata masa depan yang lebih baik lagi. Berikut ada beberapa tips untuk mengatur keuangan kamu.

1. Menyisihkan Gaji Untuk Ditabung

Hal ini bisa kamu lakukan setiap bulannya, kamu harus bisa mengestimasi biaya yang kamu perlukan setiap bulan, sehingga kamu tau berapa jumlah yang harus kamu tabung.

 

2. Membuat Pembukuan Tertulis

Seperti yang dijelaskan di poin pertama, kamu harus membuat catatan mengenai setiap pengeluaran dan menyusun daftar kebutuhan kamu. Dengan ini catatan tersebut bisa jadi panduan untuk perencanaan keuangan kamu.

 

3. Berinvestasi

Kamu harus memilih investasi yang menguntungkan, yang dalam jangka waktu panjang nilainya bisa bertambah. Jangan lupa riset ya, supaya kamu tidak salah pilih investasi.

 

4. Memanfaatkan Promo

Zaman sekarang ini banyak sekali e-commerce yang menawarkan promo, mulai dari promo makanan sampai pakaian. Kamu bisa memanfaatkan itu, supaya kamu bisa lebih hemat.

 

5. Melakukan Evaluasi Catatan Keuangan

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi dari seluruh pengeluaran keuangan kamu, dengan melakukan evaluasi kamu dapat memperbaiki atau meminimalisir pengeluaran keuangan kamu untuk selanjutnya.