Yuk, Jaga Kesehatan Mentalmu Sendiri

Selasa, 30 Nov 1999 - 00:00 WIB

Baru-baru ini dunia musik dihebohkan dengan penyanyi asal Korea yang diduga bunuh diri karena kesahatan mental yang membuatnya mudah panik dan stress. Dan dengan banyaknya tuntutan dalam hidup kita juga bisa mudah terserang stress dan akan mengganggu kesehatan mental. Mulai dari macet, pekerjaan, hingga hubungan kita dengan keluarga atau rekan bisnis mampu berkontribusi mengganggu stabilitas mental kita.

Jika hal ini terus menerus terjadi, dikhawatirkan mental kita bisa tergganggu hingga mengubah karakter secara perlahan menjadi negatif dan semakin parah kadarnya.

Kamu harus ingat kesehatan dirimu juga lebih penting. Ada cara mudah menurut para psikolog hingga instruktur kesehatan yang banyak diterapkan oleh para CEO perusahaan ternama di dunia. 

  1. Semangatkan Kembali Dirimu
    Luangkan waktu lima menit, selama dua kali dalam sehari untuk meyakinkan kembali dirimu dengan tujuan hidup yang kamu akan capai, ingatkan pula mimpi-mimpi dan keinginan dirimu. Hilangkan rasa malas, lelah, letih, merasa kurang berbakat yang akan membuat kamu jadi lupa dengan tujuanmu. Kamu harus selalu mengingat dasar tujuan dalam hidupmu.
  2. Pergi Keluar 
    Ingat kamu harus menyegarkan tenaga dan pikiranmu dengan menyegarkan dirimu. Cobalah pergi keluar walaupun hanya 10 menit dalam sehari, luangkan waktu untuk duduk atau berjalan di ruang terbuka. Dan sebaiknya dikelilingi pepohonan dan udara segar. Hal ini akan membantumu mengurangi tingkatan stress dalam pikiran dan mengisi kembali energi dalam tubuh. 
  3. Olahraga 
    Jangan lupa rawat tubuhmu, karena jika tidak dirawat kesehatannya akan menurun kondisinya, penyakit akan mudah menyerang. Alhasil aktivitas tehambat dan memperngaruhi performa kerja.
  4. Senyum dan Sapa Orang di Seklitarmu
    Senyuman selalu dapat mengubah dunia menjadi lebih positif. Tak hanya baik untuk diri sendiri, namun juga orang lain. Lupakan anggapan miring tentang memberikan senyum kepada orang lain dan rasakan manfaatnya menularkan aura positif kepada orang lain untuk diri sendiri. Dan selalu berpikiran positif.
  5. Jujur 
    Saat kamu berbohong, perlahan hal itu bisa merusak stabilitas emosi dirimu sehingga membentuk pola mental yang sakit. Jadi, jujurlah selalu dimulai dari diri sendiri, seperti menentukan pilihan ataupun berinteraksi dengan orang terdekat.
  6. Bersenang-senang 
    Cari kegiatan positif yang kamu sukai yang bisa membuat kamu bahagia dan terus bahagia. Tak ada manusia yang sempurna dan semua orang hanya ingin hidup damai dan bahagia. Jadi jangan biarkan dirimu terbelenggu oleh hal-hal yang akan membuatmu menjadi tertekan apalagi stress. 

 

Source