Gunung Agung Kembali Meletus
Thursday, 04 April 2019
Gunung Agung Kembali Meletus

Global People, Gunung Agung di 'Gumi Lahar' Karangasem Bali kembali meletus. Letusan dengan semburan asap tebal setinggi 1.500 meter disertai dengan hujan abu cukup tebal. Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sejumlah warga di beberapa desa sudah dibagikan masker karena adanya hujan abu tipis akibat letusan. Pembagian masker ini mencakup di Desa Besakih, Pura Gae, Temukus, Pempatan.

BPBD Kabupaten Karangasem saat ini masih melakukan pemantauan di seputaran Pura Besakih. Gunung Agung sendiri berada pada Status Level III (Siaga) yang merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Agung beserta para pengunjung (wisatawan dan pendaki) tidak berada atau melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 kilometer dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan sendiri bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang terbaru.
 

Be safe, Bali!

Source