Reaksi Bruno Mars Lagunya Dibatasi KPID Jabar!
Thursday, 28 February 2019
Reaksi Bruno Mars Lagunya Dibatasi KPID Jabar!

Global People, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat merilis surat edaran dengan ketetapan agar televisi dan radio tidak menayangkan atau memutarkan lagu-lagu berbahasa Inggris yang mereka anggap melanggar norma kesopanan dan kesusilaan. Ketua KPID Jawa Barat, Dedeh Fardiah, mengatakan dasar lahirnya kebijakan tersebut merujuk pada aduan masyarakat dan Peraturan KPI tentang Standar Program Siaran pasal 20 ayat 1 dan 2.

Aturan menyebutkan bahwa KPI berhak membatasi pemutaran dan penayangan lagu atau video klip yang menampilkan judul ataupun lirik bermuatan seks, cabul, atau mengesankan aktivitas seks, termasuk klasifikasi "dewasa", kata Dedeh. Hasilnya, demikian Dedeh, ada 17 lagu yang liriknya dianggap mengandung konten "seks bebas dan obat-obatan terlarang" yang hanya boleh disiarkan atau ditayangkan pada pukul 22.00-03.00 WIB. 

Apa saja lagu-lagu yang dilarang siaran sejak pagi hingga malam? 17 lagu tersebut adalah:

1. Dusk Till Dawn (Zayn Malik)

2. Sangria Wine (Camila Cabello & Pharrell W)

3. Mr. Brightside (The Killers)

4. Let Me (Zayn Malik)

5. Love Me Harder (Ariana Grande)

6. Plot Twist (Marc E. Bassy)

7. Shape of You (Ed Sheeran)

8. Overdose (Chris Brown & Agnez Mo)

9. Makes Me Wonder (Maroon 5)

10. That's What I Like (Bruno Mars)

11. Fuck it I Dont Want You Back (Eamon)

12. Bad Things (Camila Cabello & Machine)

13. Versace On The Floor (Bruno Mars)

14. Midsummer Madness (88rising)

15. Wild Thoughts (DJ Khaled & Rihanna)

16. Till It Hurts (Yellow Claw)

17. Your Song (Rita Ora)

Kabar pembatasan pemutaran lagu ini sampai ke media Internasional, Time. Bruno Mars pun langsung tergugah untuk menanggapi dan memberi pesan khusus untuk KPID.

Dalam cuitan pertama pada Kamis (28/2), Bruno Mars menyebut Ed Sheeran, musisi Inggris yang lagunya juga dibatasi KPID Jabar.

"***! Saya tadinya populer di Indonesia! Lalu muncul @edsheeran dengan liriknya yang sakit, cabul, dan membuat kita semua kena cubit! Terima kasih Ed. Terima kasih banyak," sindirnya dalam cuitan.

Beberapa menit kemudian, Bruno Mars kembali menyebut Ed Sheeran.

"'I'm in love with the shape of you (Saya mencintai bentukmu)?' Yang benar saja @edsheeran ? Kamu monster! & jangan buat saya mulai membahas 'Thinking Out Loud'. Kamu tidak punya malu?"

Terakhir, Bruno Mars menyeru kepada publik Indonesia agar dirinya tidak disamakan dengan Ed Sheeran.

"Yang terkasih Indonesia, saya memberikanmu begitu banyak lagu hits 'Nothin On You', 'Just The Way You Are' & 'Treasure'. Jangan satukan saya dengan si penyimpang seksual itu."

Sejumlah pengguna Twitter menanggapi tiga cuitan kelakar penyanyi Amerika ini dengan emoji orang tertawa. Di antara mereka juga terdapat warganet asal Indonesia yang menyayangkan diterbitkannya keputusan KPID Jabar.

Gimana pendapat Global People soal peraturan KPID Jawa Barat ini?

Source