Shakira Didakwa Tuduhan Mangkir Pajak 14,5 Juta Euro

Senin, 17 Des 2018 - 13:50 WIB

Global People! Shakira terancam diseret ke meja hijau nih karena tuduhan menghindari pajak. Jaksa Spanyol menuduhnya belum lunasi pajak sebesar 14,5 juta euro atau sekitar Rp239 miliar selama ia tinggal di Spanyol. Dilansir dari Reuters, tuntutan itu diajukan di Catalonia,yang merupakan tempat tinggal Shakira dan suaminya. Shakira dituduh tidak bayar pajak  penghasilan yang ia peroleh dari 2012-2014. 

Namun perwakilan Shakira mengatakan bahwa sang penyanyi tidak tinggal di Spanyol hingga 2015. Menurut mereka, Shakira telah memenuhi semua kewajiban pajaknya pada pihak berwenang Spanyol. Jaksa menganggap ia tinggal di Spanyol sepanjang tahun dan hanya bepergian dalam waktu singkat ke luar negeri. 

Selanjutnya, hakim akan memutuskan untuk membawa masalah ini ke pengadilan. Keputusan ini akhirnya muncul setelah otoritas pengadilan Spanyol mengumumkan penyelidikan 11 bulan lalu. Pada 2017, nama Shakira muncul di Paradise Papers. Menurut dokumen tersebut Shakira tercatat sebagai penduduk Bahama meski tinggal di Barcelona. 

Selain Shakira, pesepak bola dari club Barcelona Lionel Messi juga pada Juli 2016, penangguhan hukuman selama 21 bulan setelah dinyatakan bersalah atas penghindaran pajak citra pemain. Dan baru-baru ini lima bulan lalu, mantan pemain sepak bola Real Madrid Christiano Ronaldo mengaku bersalah atas penipuan pajak dan membayar denda hampir 19 juta euro atau sekitar Rp313 miliar sebagai ganti hukuman penjara dua tahun.

 

So, Global People jangan sampai lupa bayar pajak ya! 

 

 

source/AOQ