Iklan Blackpink Dihentikan KPI?

Rabu, 12 Des 2018 - 11:15 WIB

Global People! Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) berikan teguran ke 11 stasiun televisi swasta karena penayangan iklan Blackpink Shopee. Iklan ini dinilai tidak memperhatikan aturan dan norma kesopanan. KPI menilai, iklan tersebut menayangkan sekelompok wanita yang menyanyi dan menari dengan pakaian minim.

Sementara itu, Koordinator bidang isi siaran KPI Pusat, Hardly Stefano mengatakan iklan Shopee BLACKPINK berpotensi bertentangan dengan norma kesopanan yang dianut oleh masyarakat Indonesia secara umum. 

"Kami meminta kepada produsen, agar dalam membuat iklan dan melakukan promosi untuk senantiasa memperhatikan brand safety, sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Surat peringatan juga ditembuskan pada Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) agar sesuai dengan MoU yang pernah ditanda-tangani bersama KPI, P3I melakukan pengawasan dan evaluasi iklan agar sesuai dengan etika pariwara dan norma yang berlaku di masyarakat," jelas Hardly.

Sebelumnya, muncul juga petisi online meminta KPI menghentikan iklan Shopee BLACKPINK yang dibuat oleh Maimon Herawati. Petisi tersebut telah ditandatangani 99.712 orang. 

Petisi yang dibuat Maimon menuai protes keras dari fans Kpop khususnya BLACKPINK. Petisi tandingan muncul yang dibuat oleh Kpopers dengan judul 'Menolak Pemboikotan Iklan Shopee Blackpink'. Petisi ini udah ditanda tangani sekitar 821 orang. 

Usut punya usut ternyata emang iklan Shopee Blackpink ini, tayang sampai tanggal 12 Desember. Jadi habis hari ini, udah gak tayang lagi nih Global People..

 

source/AOQ