Ternyata Malas-Malasan di Tempat Tidur Saat Hujan Berkaitan dengan Depresi Ringan

Selasa, 11 Des 2018 - 17:10 WIB

Global People, sekarang udah masuk musim hujan nih. Udah pasti cuacanya jadi dingin dan bikin kita jadi mau berlama-lama di tempat tidur dan malas melakukan aktivitas. Tapi tau gak sih Global People, bermalas-malasan di tempat tidur saat musim hujan bisa dikaitkan dengan gejala seasonal affective disorder (SAD). 

SAD sendiri adalah gangguan kesehatan yang berhubungan dengan mental atau bisa dibilang depresi ringan. Profesor psikiatri klinis di Georgetown University School of Medicine mengungkapkan bahwa memilih untuk tidur sepanjang hari saat hujan adalah hal yang buruk untuk kesehatan. "Jika kamu memutuskan untuk tidur lagi, itu adalah hal terburuk yang kamu lakukan. Lebih baik lakukan hal sebaliknya yaitu mendapatkan cahaya, bangun dari tempat tidur, dan lebih aktif," ungkapnya seperti dilansir dari Health.

Meskipun demikian, SAD sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah seperti terapi dengan cahaya. Cahaya matahari, terutama saat pagi hari diyakini dapat meningkatkan mood. Selain cahaya matahari, orang-orang juga bisa menggunakan cahaya lampu jika cahaya matahari terasa kurang saat musim hujan.

Selain terapi cahaya, rutin berolahraga juga dapat membantu mengatasi gejala depresi ringan ini loh. Kita bisa melakukan berbagai gerakan olahraga secara berulang-ulang karena bisa meningkatkan kadar neurotransmiter di otak kita.

 

Kamu termasuk orang yang bermalas-malasan kalau cuaca dingin gak nih Global People?

 

source/AOQ