Giant Sea Wall Dianggap Bisa Atasi Banjir Rob Jakarta
Tuesday, 11 December 2018
Giant Sea Wall Dianggap Bisa Atasi Banjir Rob Jakarta

Global People! Jakarta udah langganan banget nih sama  banjir kalau udah memasuki musim penghujan, ditambah lagi dengan prediksi United Nations (UN) atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2025 air di laut utara Jakarta akan mencapai Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Nah pemerintah Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Air dan Sumber Daya Air, Firdaus Ali mengatakan, Jakarta membutuhkan giant sea wall untuk mencegah terjadinya banjir rob. Giant sea wall sekarang dikembangkan menjadi national capital integrated coastl development (NCICD).

Menurutnya, program NCICD ini bukan hanya Pemerintah Provinsi DKI saja tapi juga melibatkan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kini, perencanaannya sedang dimatangkan pemerintah pusat. NCICD pengembangan lebih terpadu dari giant sea wall.

Karena giant sea wall hanya membangun tanggul saja, tapi NCICD akan mengkaitkan dengan pengembangan kawasan dan wilayah. Misalkan dari Cikarang, Bekasi nanti bisa melalui pinggir pantai yang dibangun tanggul itu sampai ke daerah Banten. Sehingga, beban transportasi terutama truk-truk kendaraan berat itu tidak lagi masuk ke dalam kota termasuk Priok.

Program tanggul pantai NCICD ini bisa segera rampung studi atau desainnya tahun akhir 2018, namun memang tampak akan diperpanjang studi atau desainnya sampai akhir 2019.

Semoga, benar-benar bisa membuat Jakarta bebas banjir rob ya Global People!

 

source/AOQ