Tips Liburan Nyaman di Shanghai, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini
Monday, 28 May 2018
Tips Liburan Nyaman di Shanghai, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Berencana liburan ke Tiongkok dan memilih kota Shanghai sebagai tujuan wisata. Ada baiknya ikuti beberapa tips berikut ini sebelum memesan tiket pesawat China Southern Airlines untuk menuju ke kota terbesar kedua di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Karena berbeda dengan liburan ke Eropa, Amerika, Asia dan Negara tetangga, kunjungan ke Tiongkok memerlukan persiapan khusus agar liburan tidak berantakan karena hal-hal berikut ini.

Pilih Waktu Yang Tepat

Sebagai Negara dengan penduduk terpadat di dunia, tempat-tempat wisata di Tiongkok selalu penuh dengan wisatawan lokal. Terutama ketika musim liburan di sana, seperti libur hari besar seperti Imlek, atau musim liburan sekolah.

Daripada liburanmu berantakan karena hanya melihat manusia di mana-mana dan tak bisa menikmati Shanghai dengan nyaman, sebaiknya cek kalender lokal Tiongkok sebelum berangkat. Selain terhindar dari kepadatan di tempat wisata dan kemacetan, liburan di hari biasa di Shanghai juga bisa membuat budget berkurang karena harga tiket China Southern Airlines akan lebih murah dibandingkan dengan high season.

Siapkan VPN Dari Indonesia

Pastinya sudah tahu dong kalau Tiongkok memberlakukan semua hal dengan citarasa lokal, termasuk untuk mesin pencari di internet, aplikasi chat hingga media sosial. Bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan Google, WhatsApp, Twitter dan aplikasi medsos lainnya, hal ini pasti merepotkan. Terutama untuk penggunaan Google Maps untuk teman selama perjalanan.

Jangan khawatir, bisa diatasi dengan memasang VPN sejak dari Indonesia. Dengan VPN ini, sebagian besar aplikasi yang diperlukan bisa digunakan di Tiongkok.

Pelajari Bahasa Mandarin Dasar

Pahamilah satu atau dua kalimat dasar dalam bahasa Mandarin agar komunikasi di sana bisa berlangsung dengan lancar. Hal ini penting karena sebagian besar masyarakat Shanghai dan Tiongkok pada umumnya, tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali.

Siapkan kamus baik berupa buku atau di ponsel untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal. Jika terpaksa, gunakan bahasa gambar dengan memanfaatkan ponsel untuk berkomunikasi dengan mereka.

Siapkan Uang Tunai

Transaksi yang paling mudah di Shanghai adalah dengan menggunakan uang tunai. Karena tidak semua kartu debit  bisa dipakai di sana, demikian pula dengan kredit.

Memang sedikit berisiko membawa uang tunai ke mana-mana. Namun ini adalah cara paling mudah untuk membeli apapun di Shanghai, termasuk souvenir dan makanan.

Sebenarnya ada beberapa pilihan pembayaran non tunai dengan menggunakan kartu yang bisa di-top up seperti Alipay. Namun jika menggunakan metode pembayaran ini, wajib membawa paspor ke manapun karena diperlukan untuk verifikasi.

Jangan lupa untuk memperhatikan harga barang dan makanan selama di Shanghai. Terutama ketika belanja di pasar tradisional yang tidak menyertakan label harga di barang yang mereka jual.

Tak perlu takut bertanya berapa harganya dan jangan buru-buru membeli ketika dirasa murah. Santai saja lihat-lihat dulu sambil membandingkan harga dari satu gerai ke gerai lain, dan jika perlu dibandingkan dengan harga yang ada di internet. Jangan segan menawar kalau merasa harga yang ditawarkan terlalu mahal.

Nah, sekarang saatnya membeli tiket China Southern Airlines dan terbang ke Shanghai. Dengan bekal tips di atas, semoga perjalanan liburanmu jadi lebih aman dan menyenangkan.

sumber foto: lonelyplanet.com