Pesan Mendikbud di Peringatan Hardiknas 2018
Wednesday, 02 May 2018
Pesan Mendikbud di Peringatan Hardiknas 2018

JAKARTA, (2/5) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kepada seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan, dalam upacara peringatan Hardiknas 2018 di Kantor Kemdikbud RI.

 

“Kami mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional kepada seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan. Pada momentum peringatan Hardiknas tahun ini mari kita eratkan hubungan antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara,” ujar Mendikbud pada upacara bendera peringatan Hardiknas 2018, di Halaman Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (02/05/2018).

 

Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional, bertepatan dengan tanggal kelahiran tokoh pendidikan Indonesia, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, atau yang lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara.

 

“Saya mengajak seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan agar dapat meneladani Ki Hadjar Dewantara, dan menjadikan momentum peringatan Hardiknas ini untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan dan kebudayaan,” ajak Mendikbud.

 

Tema Hardiknas tahun ini adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” yang bermakna bahwa Kebudayaan adalah aset penting dalam pendidikan untuk mendukung pembangunan bangsa. Kebudayaan Nasional Indonesia adalah keseluruhan proses dan hasil integrasi antar kebudayaan yang hidup dan berkembang di Indonesia. Aset-aset kebudayaan harus terus dilestarikan dan dikembangkan, sebagai bagian dari pembangunan karakter dan mentalitas bangsa. Selain itu, diharapkan dapat memberikan inspirasi, dan membangkitkan semangat putra-putri bangsa agar memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya, bangsa maupun negara.

 

Untuk memajukan kebudayaan, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan bahwa pemajuan kebudayaan memerlukan langkah strategis berupa upaya-upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

 

Puncak peringatan Hardiknas 2018 akan dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 6 sampai dengan 8 Mei 2018 dan direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.