Jamuan Makan Malam, Bos Freeport Puja-puji Sri Mulyani
Friday, 13 October 2017
Jamuan Makan Malam, Bos Freeport Puja-puji Sri Mulyani

Acara gala dinner atau jamuan makan malam yang digelar di Washington DC menjadi ajang lobi bagi para pengusaha dan pejabat Amerika kepada sejumlah petinggi Indonesia yang hadir. Tak terkecuali bagi Presiden dan CEO, serta Vice Chairman Freeport McMoRan Inc, Richard C. Adkerson.

Dalam acara yang berlangsung di Hotel Fairmont, Rabu, 11 Oktober 2017, atau Kamis pagi waktu Jakarta itu, Adkerson hadir bersama Kathleen L. Quirk, Executive Vice President dan Chief Financial Officer Freeport. Tampak mendampingi mereka Tony Wenas, Direktur Utama Freeport Indonesia.

Bukan kebetulan bila dalam jamuan yang dihadiri seratus lebih pelaku usaha yang tergabung dalam US-Indonesia Society dan US-Asean Business Council tersebut Adkerson diatur duduk berhadapan langsung dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dalam beberapa bulan belakangan, keduanya terlibat dalam negosiasi yang alot menyangkut syarat perpanjangan izin Freeport di Indonesia. Sejumlah hal masih jadi tarik ulur, antara lain tentang kewajiban divestasi Freeport, aturan pajak yang akan dijadikan pegangan, dan sebagainya.

Tak cuma duduk berhadapan, panitia bahkan sengaja mendapuk Adkerson untuk tampil ke panggung secara khusus guna memperkenalkan sekaligus memberi pengantar bagi Sri Mulyani yang hendak memberikan sambutan dan pidatonya.

Kesempatan ini tak disia-siakan. Adkerson berulang kali memberikan pujiannya kepada Sri Mulyani, yang disebutnya sebagai sosok luar biasa dengan sederet pengalaman dan jabatan penting di Indonesia dan Bank Dunia. Ia mengaku sudah lama mengenal Sri Mulyani. Dan dari interaksi berulang dan panjang itu, Adkerson mengatakan, "Saya semakin mengagumi beliau."

Mendapat pujian selangit, Sri Mulyani menanggapinya dengan sedikit bercanda. "Saya tahu banyak yang menunggu-nunggu bahasa tubuh saya dan Adkerson. Apakah akan ada jabat tangan dan sebagainya...," kata Sri Mulyani.

Selain Sri Mulyani, hadir sebagai pembicara dalam jamuan itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Terlihat pula para petinggi Kementerian Keuangan dan Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, juga Ketua Komisi 11 Dewan Perwakilan Rakyat Melchias Markus Mekeng.

Adapun dari pihak Amerika Serikat, hadir antara lain Anggota Kongres Vern Buchanan, yang juga menjadin Co-Chair Congressional Caucus on Indonesia. Ada pula Duta Besar David Merrill, yang juga menjabat President of US-Indonesia Society; Alexander Feldman, President and CEO of US ASEAN Business Council; Duta Besar Robert O. Blake Jr.


Source