HP Dikabarkan Akan PHK 5.000 Karyawannya
Friday, 22 September 2017
HP Dikabarkan Akan PHK 5.000 Karyawannya

Hewlett Packard atau dikenal dengan HP berencana untuk memangkas atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya sekira 10% atau setidaknya 5.000 karyawan. Menurut sumber yang dikutip Bloomberg, keputusan ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memangkas biaya ditengah persaingan yang meningkat.

Sumber itu mengatakan pengurangan karyawan tersebut diperkirakan akan dimulai sebelum akhir tahun. Pemangkasan karyawan perusahaan yang memiliki sekira 50.000 pekerja, cenderung berdampak pada karyawan di Amerika Serikat dan luar negeri.

Keputusan ini juga bahkan mengancam para manajer yang turut menjadi target perusahaan. Sayangnya perwakilan HP belum memberikan komentar.

Chief Executive Officer HP, Meg Whitman telah melakukan pemangkasan karyawan sejak tahun 2015 termasuk divisi PC, printer, business service dan unit software. Keputusan itu merupakan bagian dari upaya untuk membuat HP lebih responsif terhadap perubahan industri yang mendapat tekanan dari penyedia cloud seperti Amazon dan Google.

Dalam sebuah kesempatan dengan para analis awal bulan ini, Whitman mengatakan bahwa perusahaannya mendapat keuntungan dari meningkatnya permintaan pada bisnis utamanya. Namun pada saat yang sama ia mengatakan bahwa dirinya mendorong untuk memangkas “lapisan” dalam organisasi agar lebih efisien.

“Dengan semakin sedikit lini bisnis dan prioritas strategis yang jelas, kami memiliki kesempatan untuk menciptakan struktur internal dan model operasi yang lebih sederhana, lebih gesit dan lebih cepat,” kata Whitman.

Dalam kesempatan yang sama Chief Financial Officer HP, Tim Stonesifer mengatakan bahwa perusahaan menargetkan penghematan sebesar USD 1,5 miliar selama periode tiga tahun. 

 

Source