DIDUGA SEBARKAN FOTO TANPA IZIN, PAPARAZZI PETER CEPEDA TUNTUT GIGI HADID ATAS PELANGGARAN HAK CIPTA
Wednesday, 13 September 2017
DIDUGA SEBARKAN FOTO TANPA IZIN, PAPARAZZI PETER CEPEDA TUNTUT GIGI HADID ATAS PELANGGARAN HAK CIPTA

VIRGINIA – Model Victoria’s Secret, Gigi Hadid, tengah dirundung masalah. Ia dikabarkan dituntut oleh paparazzi Peter Cepeda ke Pengadilan Negeri Virginia, akibat mengunggah foto bidikannya di Twitter dan Instagram tanpa izin.

Melansir The Fashion Law, foto yang dipermasalahkan Cepeda itu merupakan unggahan Gigi pada 12 Juli 2016. Di dalamnya, Gigi terlihat membelakangi kamera tampak mengenakan jaket putih bertuliskan ‘hadidas’ dengan kata ‘as’ dicoret.

Cepeda mengklaim, bahwa ia memegang hak eksklusif atas foto itu dan Gigi sebagai pihak terlapor tak mengindahkan haknya. Dalam tuntutan tersebut, dia menyebut, bahwa untuk mendapatkan foto itu, diperlukan ‘keterampilan memotret’ dan ‘waktu yang tepat’.

Namun, karena Gigi menyebarkan foto itu secara sadar dan disengaja, maka Cepeda melayangkan gugatan hak cipta atasnya. Apalagi, Gigi menghapus watermark pada foto dan tak menyelipkan kredit foto atas nama Cepeda yang bertentangan dengan aturan Digital Millennium Copyright Act dalam Undang-undang Federal Amerika Serikat.

Dalam tuntutannya, Cepeda menuliskan, bahwa dia mengizinkan dua media hiburan: Daily Mail dan TMZ, untuk mempublikasikan foto itu, tapi bukan untuk kepentingan pribadi Gigi. Sebelum mengajukan tuntutan, Cepeda sempat mengajukan keberatan secara resmi kepada manajemen Gigi dan meminta untuk menghapus unggahan itu.

Namun, menurut Cepeda, manajemen Gigi menolak permintaan tersebut. Foto itu tetap dibagikannya melalui akun Twitter dengan 6,27 follower dan Instagram dengan 35,7 pengikut. Di Instagram, foto itu bahkan disukai lebih dari 1,2 juta kali.

Hingga berita ini diturunkan, IMG, selaku manajemen sang model, masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait permasalahan itu. Sementara kuasa hukum Cepeda, David Deal, mengatakan, dia juga belum bisa mengeluarkan pernyataan apapun terkait kasus tersebut.

“Saya bukan tidak mau berkomentar tentang kasus ini. Namun berdasarkan pengalaman, komentar apapun tidak akan membantu posisi klien saya,” katanya. Baik Peter Cepeda maupun Gigi Hadid tampaknya enggan mundur dari tuntutan tersebut. Dengan begitu, keduanya dipastikan akan bertemu di meja hijau dalam waktu dekat.

(okezone/SIS)