Google Kini Paham Bahasa Jawa dan Sunda
Tuesday, 12 September 2017
Google Kini Paham Bahasa Jawa dan Sunda

Mencari beragam informasi di Google belakangan ini sudah bisa dilakukan dengan perintah suara. Kemampuan itu bisa ditemukan pada aplikasi Google dengan menggunakan masukan suara (input suara).

Baru-baru ini Google mengumumkan bahwa fitur suara miliknya telah mengerti perintah dalam dua bahasa lokal Indonesia yakni Jawa dan Sunda. Dalam keterangan resmi yang diterima, Google menggandeng tiga perguruan tinggi untuk menambahkan dua bahasa tersebut.

Ketiga perguruan tinggi yang dimaksud ialah Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Diakui Google, Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak menggunakan penelusuran suara di dunia. Pertumbuhannya dilaporkan 50% lebih tinggi di atas pertumbuhan global.

“Agar internet semakin inklusif dan berguna bagi banyak orang, hambatan bahasa perlu diatasi,” kata Daan van Esch, Technical Program Manager, Speech and Keyboard Team Google.

“Hal ini sangat relevan di Indonesia seiring meningkatnya jumlah pengguna Internet. Maka kami berusaha untuk memudahkan penutur bahasa-bahasa di Indonesia dan memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia," lanjutnya.

Penelusuran suara bisa dilakukan pada aplikasi Google dengan mengubah pengaturan menjadi bahasa Jawa atau Sunda. Pengguna pun bisa mencari informasi dengan kedua bahasa tersebut. Seperti misalnya “Jadwal tanding bal-balan dino iki” atau “Batagor nu raos caket dieu”.

Dukungan bahasa Jawa dan Sunda juga telah terdapat pada aplikasi Gboard. Dengan aplikasi ini pengguna bisa membalas pesan dengan perintah suara melalui ikon G pada keyboard Android. Setelah itu pilih menu mikrofon dan mulai berbicara dengan bahasa lokal.

Penerapan bahasa baru itu, didukung oleh teknologi kecerdasan buatan berupa machine learning. Google juga bekerjasama dengan penutur asli untuk mengumpulkan contoh percakapan dan frasa. Kecerdasan buatan Google akan mempelajari dan meningkatkan akurasi bahasa dari waktu ke waktu.

"Penelusuran dalam bahasa Jawa merupakan salah satu penelusuran terpopuler di Google, seperti ‘lagu dolanan anak’ atau 'bal-balan dino iki’ sebagai keyword yang paling sering dicari oleh netizen di Pulau Jawa," ungkap Google.

 

Source