Sering Pipis di Malam Hari? Awas, Bisa Jadi Indikasi Diabetes dan Multiple Sclerosis
Friday, 18 August 2017
Sering Pipis di Malam Hari? Awas, Bisa Jadi Indikasi Diabetes dan Multiple Sclerosis

APA yang Anda rasakan ketika terpaksa bangun di malam hari karena harus pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil? Rasanya tentu tidak enak karena tidur nyenyak Anda menjadi terganggu.

Lebih dari sekadar perasaan tidak enak, buang air kecil di malam hari saat sedang tidur menandakan ada yang tidak beres dengan kesehatan Anda. Terlebih jika dorongan itu datang terlalu sering.

Dilansir dari Bustle, Jumat (18/8/2017), jika Anda sering buang air kecil saat sedang tertidur, bisa jadi Anda mengalami kondisi di bawah ini;

1. Sleep apnea

Menurut American Sleep Apnea Association, gangguan tidur ini menyebabkan 84% penderitanya sering buang air kecil di malam hari.

2. Diabetes

Sepanjang malam penderita diabetes sering mengalami dorongan untuk buang air kecil karena gula darah yang tidak terkontrol membawa dampak negatif pada ginjal. Ginjal adalah organ tubuh yang membantu mengatur kadar gula darah melalui mekanisme penyaringan dan reabsorpsi. Pada penderita diabetes, mekanisme ini menjadi terganggu dan meningkatkan frekuensi buang air kecil.

3. Infeksi saluran kemih

Salah satu gejala bila Anda menderita infeksi saluran kemih adalah sering buang air kecil di malam hari. Gejala lainnya adalah demam dan terasa nyeri saat buang air kecil.

4. Hamil

Perempuan yang sedang hamil mengalami peningkatan buang air kecil karena ukuran rahim yang membesar memberi banyak tekanan pada rahim.

5. Efek samping pengobatan

Beberapa obat seperti diuretik meningkatkan produksi urine. Apabila Anda meminum obat itu menjelang tidur, maka aktivitas farmakologis obat akan menyebabkan peningkatan produksi urine sehingga Anda harus terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

6. Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis adalah kelainan neurologis yang menyebabkan disfungsi otonom dan fungsi kandung kemih. Pada kondisi ini, kandung kemih menjadi terlalu aktif sehingga penderitanya sering buang air kecil.

7. Konsumsi kafein atau alkohol

Kafein atau alkohol memiliki sifat diuretik. Bila Anda meminum kopi atau cocktail sebelum tidur, bisa jadi Anda akan sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil saat tertidur.

(okezone.com/hel)