Jangan Sembarangan! Anjing Kesayangan Tidak Boleh Dikasih Cokelat Lho, Ini Alasannya!
Friday, 18 August 2017
Jangan Sembarangan! Anjing Kesayangan Tidak Boleh Dikasih Cokelat Lho, Ini Alasannya!

TIDAK berlebihan rasanya jika menyebutkan bahwa cokelat, menjadi kudapan manis favorit dari semua orang di berbagai penjuru dunia.

Selain rasanya yang manis, mengonsumsi cokelat juga menjadi pilihan banyak orang untuk menyiasati energi atau semangat diri yang sedang turun. Pasalnya, dengan segala kandungan yang terdapat di dalamnya, cokelat memang diyakini bisa membuat seseorang menjadi lebih merasa bahagia.

Akan tetapi bagi pecinta hewan anjing, cokelat pastinya bukan merupakan pilihan kudapan pas yang bisa diberikan kepada hewan kesayangannya tersebut. Pasalnya, seperti yang sudah banyak diketahui, cokelat menjadi makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh anjing karena disebutkan dapat membuat anjing menjadi sakit bahkan bisa pula sampai membunuh anjing tersebut.

Namun, pernahkah Anda khususnya bagi para pecinta anjing bertanya-tanya, sebetulnya alasan apa yang mendasari bahwa cokelat menjadi berbahaya jika dikonsumsi oleh hewan anjing.

Sebagaimana dikutip Foodbeast, Kamis (17/8/2017) dijelaskan dalam video yang dibuat oleh SciShow baru-baru ini, kandungan molekul dalam cokelat yang bernama theobromine lah yang membuat kudapan manis ini tidak boleh disantap oleh anjing.

Dalam video tersebut dijelaskan, bahwa molekul theobromine ini bersifat alkaloid, yang membantu untuk menimbulkan sederet efek psikis pada manusia dan juga hewan. Di mana theobromine tersebut lah yang membuat debar jantung menjadi meningkat, peningkatan energi pada otot-otot di tubuh, sampai melebarkan pembuluh darah.

Lebih lanjut disebutkan, yang menjadi masalah ialah pada hewan zat molekul theobromine ini diproses atau dengan kata lain dicerna jauh lebih lambat jika masuk ke dalam tubuh hewan dibandingkan masuk ke dalam tubuh manusia.

Sehingga akhirnya menimbulkan resiko seperti mual-mual, kejang, dan bisa berujung pada kematian. Ditambah lagi dengan faktor, bahwa sejatinya hewan anjing memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan manusia, situasi ini akhirnya membuat hewan anjing bisa mudah jatuh sakit walaupun mengonsumsi cokelat dalam jumlah porsi yang sangat sedikit.

Nah, maka dari itu kini tentunya Anda sebisa mungkin harus menghindari anjing kesayangan di rumah untuk mengonsumsi cokelat walaupun hanya sedikit.

(okezone.com/dno)