7 Kebiasaan yang Merusak Baterai Smartphone
Friday, 18 August 2017
7 Kebiasaan yang Merusak Baterai Smartphone

Smartphone saat ini sudah menjadi perangkat wajib yang kita gunakan sehari-hari. Semua kegiatan dapat dilakukan melalui smartphone mulai dari bangun tidur hingga akan tidur lagi.

Seiring tingginya kebutuhan akan smartphone, kebutuhan akan perangkat dengan daya yang tinggi pun semakin meningkat, membuat pengguna smartphone menggunakan powerbank, Double power baterai sampai dengan yang tidak bisa lepas dari colokan listrik.

Namun, ada kebiasaan-kebiasaan yang justru akan membuat daya baterai smartphone kamu lebih lemah:

1. Menggunakan smartphone sambil di-charge

Kebiasaan ini mengakibatkan pengisian baterai menjadi tidak optimal. Baterai menjadi lebih panas yang dapat menurunkan kinerja komponen lainnya.

2. Mengisi Baterai terlalu lama

Mengisi (charging) baterai telah sampai pada 100% namun tidak segera kamu cabut, dapat membuat baterai smartphone menjadi cepat rusak dan menggelembung.

3. Mengisi Baterai berulang-ulang
Kebiasaan mencabut lalu mengisi ulang berkali-kali akan membuat usia baterai lebih singkat. Demikian juga bila membiarkan baterai habis dalam waktu lama.

4. Menggunakan charger bajakan

Menggunakan charger bajakan tidak akan menjamin keamanan karena kualitas dari charger tersebut bisa saja tidak sesuai dengan smartphone kamu.

5. Tidak pernah mematikan smartphone

Kamu dapat mematikan smartphone di saat tidak digunakan seperti saat tidur di malam hari. Mematikan smartphone di malam hari selain baik untuk si smartphone juga baik untuk kesehatan tubuh kamu.

6. Tidak di cas sampai penuh

Kamu wajib tahu bahwa umur baterai juga ditentukan dari intensitas “plug dan unplug” chargermu.

7. Smartphone terpapar sumber panas

Hindari meletakkan smartphone pada tempat yang terpapar suhu extrem seperti dashboard mobil di siang hari yang terik, diatas televisi tabung atau peralatan elektronik lain yang mengeluarkan panas tinggi.

Apakah kamu pernah melakukan salah satu kegiatan di atas? Atau mungkin punya tips tambahan? 

 

Source