Idealnya, Anak Perlu Minum Berapa Gelas Susu dalam Sehari
Tuesday, 15 August 2017
Idealnya, Anak Perlu Minum Berapa Gelas Susu dalam Sehari

SUSU menjadi tambahan makanan yang bisa diberikan kepada anak. Semakin baik susu yang diberikan, maka tubuh anak pun semakin sehat. Kecocokan anak dengan susu yang diberikan juga menjadi poin penting yang harus dipertimbangkan orangtua.

Bicara mengenai penambahan susu sebagai makanan pendamping (MPASI), dikatakan Dokter Spesialis Anak Konsultan RSAB Harapan Kita dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K), boleh diberikan. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebut saja jenis susunya.

"Susu yang paling cocok untuk anak, ya, susu khusus anak-anak. Susu formula biasanya mencantumkan usia yang layak meminum susu tersebut," kata dia saat diwawancarai Okezone di Kopi Kala, Jakarta Pusat, Senin 14 Agustus 2017.Dr. Ariani melanjutkan, selain jenis susu, takaran juga menjadi hal penting lainnya. Namun, takaran susu yang pasti, lanjut Dr. Ariani, sangat ditentukan oleh tubuh si anak sendiri. Sebab, masing-masing anak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda berdasarkan dari usia.Dr Ariani coba menjelaskan, berdasar panduan dari U.S. Department of Agriculture tahun 2010 tentang takaran minum susu, untuk anak-anak di bawah usia 2 - 3 tahun, 2 gelas perhari, usia 4 - 8 tahun, cukup 2,5 gelas dan anak di atas 9 tahun bisa sampai 3 gelas sehari.

Sementara itu, banyak penelitian menyebutkan bahwa manfaat susu baik untuk orang dewasa maupun anak. Berdasarkan 324 penelitian sebelumnya, susu dapat menurunkan risiko jantung dan stroke sampai 20%. Hal ini karena kalori pada susu adalah kalori yang sehat, apalagi susu yang rendah lemak. Karena itu, minum susu setiap hari menjadi sebuah kewajiban untuk menjaga kesehatan.

Penelitian lain menunjukkan, susu lebih baik daripada sport drink atau cairan elektrolit untuk mengembalikan kekuatan otot pada atlet. "Makanya, yang cukup baik diminum setelah berolahraga bukannya minuman isotonik atau minuman energi, tetapi susu," pungkasnya.

(okezone.com/hel)