TIPS MENATA KAMAR KOS BERUKURAN KECIL AGAR LEBIH NYAMAN
Tuesday, 08 August 2017
TIPS MENATA KAMAR KOS BERUKURAN KECIL AGAR LEBIH NYAMAN

Menata kamar kos bisa jadi susah-susah gampang. Ruangan kamar kos yang terbatas membuat kamu harus memutar otak agar semua barang bisa muat dan tertata rapi. 

Di sisi lain, kamu juga ingin kamar kos terlihat bagus dan sedap dipandang karena menjadi satu-satunya tempat untuk istirahat ataupun bersantai setelah pulang kuliah atau kerja. Bagaimana menyiasati kamar kos yang kecil agar tak tampak sempit dan sumpek? Simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih Furnitur Minimalis
Jika ingin menempatkan meja, laci atau rak, pilih yang modelnya simpel. Furnitur dengan desain minimalis akan menghemat ruang dan memaksimalkan pemanfaatan ruang kosong agar tak terbuang sia-sia karena detail yang terlalu rumit.

2. Perabot Multifungsi
Untuk menghemat tempat, pilih furnitur atau perabotan multifungsi. Misalnya meja yang memiliki beberapa laci. Itu akan memudahkan kamu menempatkan sejumlah barang, sehingga tidak perlu membeli rak atau lemari kecil lagi. Meja kecil berbentuk bujur sangkar sangat cocok untuk kamar kos yang kecil.

3. Pertimbangkan Penataan Vertikal
Jika ingin lebih memberi kesan luas, pertimbangkan untuk memasang rak dinding ketimbang membeli lemari atau laci. Rak dinding bisa kamu gunakan untuk menyimpan koleksi buku, pajangan, pot bunga atau peralatan lainnya. Bisa juga memasang paku-paku pengait untuk menaruh aksesori seperti kalung, gelang, ikat pinggang atau tas tangan.

4. Meja atau Kursi Lipat
Meja lipat juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi kamar kos dengan furnitur. Saat tidak digunakan, kamu bisa melipat dan menaruhnnya menempel pada dinding. 

5. Pasang Cermin Besar
Cermin besar bisa membuat efek ruangan lebih luas. Kamu bisa memasangnya menempel pada dinding atau cermin besar dengan kuda-kuda. Cermin besar juga akan memantulkan cahaya dari lampu sehingga kamar kos akan terlihat lebih terang. Penempatannya bisa di balik pintu atau depan tempat tidur.

6. Seprai Polos
Kamar kos biasanya telah dilengkapi dengan tempat tidur tanpa ranjang. Untuk kesan kamar yang lebih rapi dan luas, sebaiknya pilih seprai polos dengan warna-warna cerah. Jika ingin tetap memakai seprai bermotif, pilih yang motifnya tidak terlalu penuh atau motifnya berukuran kecil. Seprai motif besar dengan warna-warna terlalu mencolok akan membuat kamar kos terkesan sempit dan berantakan.

7. Bean Bag Sebagai Pengganti Sofa
Meskipun kamar kos berukuran kecil, mungkin kamu ingin sesekali mengundang teman untuk berkunjung. Agar tidak duduk langsung di lantai, bean bag bisa dijadikan alternatif pengganti sofa. Pilih yang ukurannya kecil atau medium agar tidak memakan tempat di ruangan

Source