MELAMUN BISA BIKIN KITA KREATIF DAN PRODUKTIF LHO!

Selasa, 8 Agu 2017 - 14:54 WIB

Saat sedang sepi dan sendiri, biasanya ngapain? Ya, ada banyak memang, kegiatan yang bisa dilakukan saat kamu sedang sendiri dan suasananya hening. Nonton serial TV, memasak,  melukis, menulis, membaca, banyak. Tapi, tak jarang saat sedang  berada di dunia kita sendiri, jadinya kita malah melamun. Iya, bahkan kadang di saat kita sedang sibuk atau mengerjakan sesuatu, kita pun tau-tau saja melamun.

Enaknya melamun itu pikiran kita berkelana ke mana-mana. Rasanya seperti berjalan-jalan di alam bawah sadar kita, menelusuri dunia yang sangat berbeda. Ternyata, melamun ini juga punya manfaat yang tidak terduga, lho. Jadi, jangan dikira melamun itu kegiatan yang tidak berfaedah dan tidak baik, justru dengan melamun kita bisa jadi lebih sehat, bahkan makin kreatif dan produktif.

Berdasarkan kamus Online paling trusted, Merriam Webster saja, melamun didefinisikan sebagai “penglihatan imajiner yang menyenangkan dan biasanya merupakan wujud imajinasi”. Ini berarti melamun itu seperti liburan mini yang memang memberikan sejumlah manfaat dan terbukti secara ilmiah, lho. Sekarang begini, saat melamun, otak kita itu sebenarnya justru berolahraga.

Ya, jadi yang berolahraga itu otaknya dan bukan pikirannya. Menurut ahli saraf Dr. Muireann Irish, melamun itu merupakan kerja keras, dan melakukan beberapa fungsi yang sangat penting. Betul, jadi, kemampuan untuk mengingat masa lalu dan membayangkan masa depan, itu adalah bentuk pemikiran yang sangat kompleks. Nah, sejauh ini, hanya manusia satu-satunya spesies yang diberkahi kemampuan luar biasa ini.

Jadi, melamun dan berpikir itu memberikan efek pada otak kamu, mengubah struktur fisiknya. Pada akhirnya, membuat struktur otak terus berubah tersebut, karena menanggapi informasi baru. Rupanya melamun bisa jadi cara untuk brain exercise, keren, lho. Nah, selain membuat otak kamu berolahraga, melamun bisa bikin daya kreativitas kamu naik kelas.

Benar, coba kita lihat beberapa selebriti seperti Woody Allen dan JK Rowling, mereka yang kreatif ini bahkan mengakui bahwa dari melamun itulah, lahir ide-ide terbaik untuk menciptakan karya-karya yang mendunia. Ini karena, saat melamun pikiran kita berkelana melewati bagian-bagian otak yang berbeda dan mengumpulkan setiap detail informasi yang akhirnya bisa dikaitkan satu per satu.

Makanya, dengan melamun justru membangunkan daya kreativitas kita yang mungkin selama ini tertidur. Setelah semua informasi detail tadi dikaitkan semuanya, lahirlah pemikiran kreatif yang cemerlang, berupa ide-ide baru dan segar. Melamun selain membuat kamu jadi makin kreatif, juga bisa melatih kepekaan Anda, lho. Kabar baik buat yang sering dibilang tidak peka, nih.

Kalau melamun kamu jadi lebih bisa merasakan cinta, kamu akan lebih berempati, punya pemikiran yang terbuka dan menjadi orang yang lebih pengertian. Benar, melamun membuat kamu jadi semakin fleksibel dan bisa melihat orang lain dari perspektif mereka. Kamu bisa lebih merenungkan apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang lain.

Sehingga, ini bisa mengubah cara kamu berinteraksi dengan orang lain, kamu pun akan bisa menciptakan peluang yang lebih baik lewat komunikasi dan koneksi. Kamu juga lebih muda merasakan bahagia karena pikiran kamu jadi lebih positif. 

Source