Fakta Label Nutrisi Makanan Kemasan, Wajib Anda Tahu!
Monday, 07 August 2017
Fakta Label Nutrisi Makanan Kemasan, Wajib Anda Tahu!

EBELUM membeli produk makanan kemasan Anda harus membaca labelnya dulu. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga berat badan.

Tapi Anda harus mewaspadai untuk mengonsumsi makanan kemasan. Karena terlalu banyak konsumsi makanan ini memicu banyak penyakit. Seperti halnya diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

(Baca Juga: Banyak Konsumsi Makanan Manis Bisa Bikin Gelisah)

Tapi jangan khawatir, semua informasi nutrisi makanan ada di labelnya. Berikut ulasannya selengkapnya, dilansir WebMD, Senin (7/8/2017).

Kalori

Selalu periksa kalori untuk memastikan jumlahnya. Ini sangat penting supaya Anda bisa mengontrol konsumsi makanan kemasan. Anda harus konsultasi dengan dokter supaya lebih aman dikonsumsi.

(Baca Juga: Ini Batas Aman Konsumsi Gula dalam Sehari)

Karbohidrat

Umumnya, makanan kemasan banyak mengandung karbohidrat. Makanan ini memberi energi tubuh lebih cepat daripada protein atau lemak.

Alkohol

Banyak sekali minuman yang mengandung alkohol dijual dalam kemasan. Belum lagi tambahan produk gula dalam minuman tersebut. Itu juga termasuk mengandung pemanis buatan sorbitol, xylitol, dan eritritol.

(Baca Juga: Wow! Kurangi Konsumsi Gula Bikin Awet Muda Lho)

Serat

Anda mendapatkan serat dari biji-bijian dan kacang-kacangan yang dikemas. Makanan ini cukup disarankan, tapi jangan terlalu sering mengonsumsinya. Sebab, makanan kemasan mengandung tinggi pengawet yang tidak aman.

Lemak dan kolesterol

Lemak jenuh dan lemak trans menjadi pemicu penyakit jantung. Biasanya makanan dalam kemasan mengandung kadar kolesterol. Karena itu, Anda harus membatasi makanan kemasan untuk mencegah penyakit tersebut.

(Baca Juga: Batasi Konsumsi Gula Bantu Turunkan Berat Badan)

Sodium

Banyak orang mendapatkan terlalu banyak garam atau sodium. Sebagian besar ada di makanan kemasan dan junk food. Kandungan sodium memicu penyakit diabetes, kanker dan jantung bila dikonsumsi berlebihan.

Protein

Makanan kemasan juga mengandung protein. Kalau ingin mendapatkannya, beli makanan kemasan berbahan daging dan ikan. Tapi sebelum mengonsumsi tanyakan kepada dokter lebih dulu.

(okezone.com/hel)