Kulit Gatal tapi Tidak Bisa Menggaruk? Coba Cara Ini Yuk

Rabu, 21 Jun 2017 - 09:22 WIB

SAAT kulit terasa gatal, pasti kita refleks ingin menggaruknya. Namun bagi Anda yang memiliki eksim tidak mungkin melakukan hal itu.

Terlebih kulit yang kering, merah, dan pecah-penyah apabila digaruk bisa menyebabkan iritasi pada kulit.Lalu bagaimana mengatasi gatal jika kulit tidak bisa digaruk?

Coba simak strategi dari para pakar untuk masalah ini seperti yang dilansir dari Health, Rabu (21/1/2017).

1. Kompres dingin

Jeffrey S. Fromowitz, MD, seorang dermatolog di Boca Raton, Florida merekomendasikan apabila Anda mengalami gatal segera ambil es batu dan kemudian di balut dengan handuk. Lalu kompreslah pada kulit yang terasa gatal. Stimulasi dingin bisa membantu menghilangkan rasa gatal.

2. Ganti kebiasaan rutin

Salah satu cara untuk meredakan rasa gatal menggunakan alat psikologis yang disebut pembalik kebiasaan. Sebuah studi di tahun 2011 mengungkapkan Anda harus mengenali kebiasaan yang sering Anda lakukan saat terjadi gatal. Sebagai contoh, mungkin Anda sering menggaruk saat sedang menonton TV. Agar tidak refleks menggaruk, siapkan sesuatu di tangan Anda untuk tetap sibuk seperti menggunakan bola bantuan stres, buku mewarnai, pemintal gelisah, atau hanya sekadar mengepalkan tangan.

3. Ketahui pemicunya

Mungkin beberapa dari Anda memiliki alergi tertentu yang bisa menyebabkan rasa gatal. Dr. Silverberg mengatakan pentingnya Anda mengenali faktor-faktor yang membuat gatal agar Anda bisa menghindarinya.

4. Tarik napas

Stres dan kecemasan adalah salah satu pemicu rasa gatal bagi banyak orang. Jika Anda berada dalam kondisi itu, Anda bisa melakukan beberapa strategi seperti meditasi, yoga, tidur nyenyak, dan berolahraga. Dengan menarik napas Anda bisa meredakan rasa gatal pada kulit.

5. Jangan gunakan air hangat

Saat mandi, memang lebih enak saat menggunakan air hangat.Namun ternyata air hangat bisa memperburuk eksim pada kulit karena bisa melepaskan senyawa yang merangsang gatal ke area kulit lainnya. Anda juga harus mengurangi penggunaan wewangian agar tidak cepat merasa gatal.

6. Pakai pelembap sebelum tidur

Mengoleskan pelembap berulang kali sebelum tidur bisa menenangkan kulit dan pikiran Anda. Dengan begitu Anda bisa tertidur tanpa merasa frustasi karena gatal yang menyerang.

7. Jangan gunakan sarung tangan

Sarung tangan bisa membuat berkeringat. Keringat dapat membuat kulit terasa gatal. Untuk itu, untuk menjaga tangan agar tidak menggores kulit saat refleks menggaruk, lebih baik Anda menggunting kuku.

8. Coba terapi ringan

Anda bisa mempertimbangkan terapi cahaya yang menggunakan sinar ultraviolet untuk menembus lapisan luar kulit sehingga mengurangi rasa gatal. Walaupun terapi ini memakan waktu karena pasien harus pergi dua sampai tiga kali per minggu, tapi hasil yang Anda dapatkan bisa membuat tubuh lebih nyaman karena terhindar dari gatal.

(okezone/hel)