Ya Ampun, Ribuan Ubur-Ubur 'Invasi' Pantai di Australia
Friday, 03 February 2017
Ya Ampun, Ribuan Ubur-Ubur 'Invasi' Pantai di Australia

DECEPTION BAY – Pemandangan mencengangkan sekaligus mengkhawatirkan terlihat di salah satu pantai Australia. Pasalnya, ribuan ubur-ubur biru (blue blubber jellyfish) mendadak terdampar bak menginvasi pantai di Deception Bay, Queensland.

Fotografer yang mengabadikan penampakan ribuan hewan tersebut, Charlotte Lawson (24)m mengatakan bahwa ubur-ubur biru yang terdampar itu terlihat seperti plastik gelembung di sepanjang pantai. “Fenomena ini terjadi setiap tahun, tapi tidak pernah sebanyak ini, tahun ini terjadi penumpukan,” ujar Lawson, sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Jumat (3/2/2017).

ABC mewartakan, fenomena ini dikenal dengan istilah bloom. Senada dengan pernyataan Lawson, ahli biologi kelautan, Dr Lisa-Ann Gershwin, menuturkan bahwa pemandangan di Deception Bay merupakan fenomena bloom terbesar yang pernah ia lihat.

Bloom pada ubur-ubur merupakan bagian dari siklus hidup mereka dan jika angin bertiup tepat dan jika tingkat air menurun dengan air pasang, pada saat itu mereka terdampar. Kami (sering) melihat bloom ubur-ubur tapi tidak pernah seperti ini. Ini sangat mengejutkan,” tegas Gershwin.

Walaupun terlihat mengkhawatirkan, ubur-ubur biru ini biasanya tidak menyebabkan luka serius terhadap manusia. Gershwin mengatakan, ubur-ubur ini merupakan hewan yang umum terlihat di wilayah tenggara Queensland, New South Wales, dan Victoria.

(okezone/emj)