AKTRIS MARY TYLER MOORE MENINGGAL DUNIA

Kamis, 26 Jan 2017 - 10:11 WIB

LOS ANGELES - Industri hiburan Hollywood kembali kehilangan satu sosok aktris berprestasi, Mary Tyler Moore. Bintang yang populer sejak 1970-an itu dikabarkan meninggal dunia di usia 80 tahun, pada 25 Januari 2017 akibat penyakit diabetes tipe 1 yang dideritanya sejak berumur 33 tahun.

Berita duka tersebut disampaikan secara langsung oleh salah satu kerabat Moore. Diketahui Moore meninggal di rumah sakit Connecticut saat didampingi seluruh keluarga.

"Hari ini, ikon tercinta, Mary Tyler Moore, meninggal pada usia 80. Dia adalah seorang aktris inovatif, produser, dan advokat yang bersemangat untuk Juvenile Diabetes Research Foundation. Moore akan dikenang sebagai seorang visioner yang tak kenal takut dengan senyumnya," kata kerabat tersebut.

Sementara itu, diabetes tipe 1 tidak menjadi satu-satunya penyakit yang diidap Moore. Berdasarkan riwayat kesehatannya, bintang sitkom hitsThe Mary Tyler Moore ini sempat menjalani operasi untuk mengangkat tumor jinak dari jaringan selaput otak pada 2011.

Istri Robert Levine itu juga menuturkan memiliki masalah yang serius pada bagian mata dan tulang. Moore sempat curhat keadaannya pasca menyandang status sebagai pengidap diabetes. Saat itu, ia berpikir bahwa kehidupannya akan berakhir.

"Saya pikir saya akan harus berbaring di sebuah kursi selama sisa hidup saya. Itu adalah masalah besar, tapi akhirnya saya berhasil menaklukan penyakit itu," imbuhnya kepada People beberapa tahun silam.

Sosok Moore mulai dikenal publik sejak membintangi acara The Mary Tyler Moore Show yang berlangsung selama enam musim. Ia juga pernah masuk nominasi Oscar untuk Aktris Terbaik pada tahun 1980.

Tidak hanya sukses di panggung entertainment, Moore juga menjadi salah satu pejuang penyakit diabetes tipe 1. Dia bahkan didapuk sebagai Ketua International dari Juvenile Diabetes Research Foundation. Dalam kampanyenya, Moore ingin masyarakat sadar sedini mungkin akan penyakit diabetes tipe 1 yang mayoritas menyerang kalangan anak-anak dan remaja.

Seperti yang diketahui, diabetes tipe 1 merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan. Penyakit jenis ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga menghancurkan sel-sel penting di pankreas. Dalam beberapa kasus, mayoritas pasien diabetes tipe ini tidak mampu bertahan hidup tanpa pengobatan intensif.

(okz/FHM)