BERHARAP KEGUGURAN, LENA DUNHAM BANJIR KRITIK
Wednesday, 21 December 2016
BERHARAP KEGUGURAN, LENA DUNHAM BANJIR KRITIK

LOS ANGELES – Ketika wanita pada umumnya berusaha menghindar sejauh mungkin dari aborsi, tidak demikian dengan Lena Dunham. Aktris 30 tahun itu malah berharap dirinya bisa melakukan aborsi atau keguguran di masa lalu.

Ungkapan hati bintang Girls tersebut diutarakannya saat membawakan episode terbaru Women of the Hour. Awalnya, Dunham menceritakan bagaimana ia ditanyai seorang wanita saat berkunjung ke Texas Planned Parenthood beberapa tahun lalu.

“Aku langsung mengatakan, ‘Aku tak pernah melakukan aborsi,’ kataku padanya. Aku ingin membuat ini jelas baginya bahwa walau aku sering keluar dan memperjuangkan opini wanita, aku sendiri tak pernah keguguran,” kata Dunham dilansir People.

Namun kemudian Lena mengutarakan rasa hormat dan cintanya pada mereka yang pernah keguguran atau berani melakukan aborsi. Menyusul pernyataannya itu, secara tiba-tiba bintang Girls ini mengatakan berharap pernah keguguran.

“Sekarang aku bisa bilang bahwa aku tidak pernah keguguran, tapi kuharap aku pernah,” sambungnya.

Pernyataan Dunham tersebut langsung mendapat reaksi keras dari netizen. Mereka mengkritik Dunham yang dianggap tak peka pada perasaan wanita-wanita yang dipaksa kehilangan calon anak mereka karena keguguran atau aborsi. Saking banyaknya kritik, nama Lena Dunham sempat menjadi trending topic di Twitter dunia.

Aku tak bisa membayangkan betapa tak sopannya komentar Lena Dunham itu bagi wanita-wanita yang pernah merasakan keguguran atau aborsi,” komentar @KFCBarstool.

FYI, keguguran bukanlah sesuatu yang harus kau ‘jalani’. Itu adalah pengalaman mengerikan yang tak seharusnya diminta seolah itu adalah kado dari Santa,” sambung @kisslow.

(okz/aln)