5 Cara Mudah Mengusir Lelah
Tuesday, 20 September 2016
5 Cara Mudah Mengusir Lelah

KELELAHAN dapat dialami oleh siapa saja dan ini hal yang wajar. Terutama pekerja kantoran yang menghabiskan 8 jam untuk bekerja di kantor selama 5 hari dalam seminggu. Bukanlah hal yang mudah untuk mengontrol kelelahan.

Agar badan tetap terjaga bugar, ketahui beberapa tips mencegah kelelahan, dikutip laman Betterhealth, Senin (20/9/2016).

Jangan merokok

Asap rokok mengandung banyak zat berbahaya. Ada banyak alasan mengapa perokok biasanya memiliki tingkat energi yang lebih rendah daripada non-perokok. Tubuh membutuhkan gabungan glukosa dan oksigen untuk membentuk energi. Namun, karbon monoksida pada asap rokok, mampu mengurangi jumlah oksigen yang beredar dalam darah.

Meningkatkan aktivitas fisik

Kegiatan fisik meningkatkan energi seseorang. Sementara, aktivitas fisik yang minim diketahui ebagai penyebab kelelahan. Aktivitas fisik mampu membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari dan terbangun dengan semangat di pagi hari.

Jangan duduk terlalu lama

Terlalu lama duduk di depan televisi dan komputer membuat Anda merasa nyaman. Namun, tubuh membutuhkan aktivitas fisik, lebih dari sekadar duduk saja. Tak ada salahnya untuk beranjak dari kursi Anda untuk berdiri dan berjalan mengelilingi ruangan.

Hindari alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat membuat Anda lebih lelah, tidak sehat, dan membahayakan kesehatan tubuh. Termasuk penggunaan obat-obatan terlarang.

Masalah di tempat kerja

Memang, pekerjaan selalu melibatkan konflik, politik, dan deadline yang menumpuk. Semua ini menyebabkan kelelahan dan stres pada para pekerja. Jika masalah tak kunjung selesai, saatnya Anda bicara terus terang kepada rekan kerja atau HRD. Setidaknya tingkat stres yang Anda alami berkurang.