Ekstrak Daun Pepaya Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker
Tuesday, 20 September 2016
Ekstrak Daun Pepaya Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

DAUN pepaya mungkin hanya dikenal sebagai masakan. Namun, ternyata ekstrak daun pepaya dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Anda bisa mengonsumsi daun pepaya untuk mencegah terkena kanker tertentu. Karena, sebuah studi telah menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya merupakan agen anti-kanker yang kuat.

Artinya, ekstrak daun pepaya memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker tanpa menimbulkan efek samping berbahaya. Para ilmuwan juga percaya bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu dalam pengobatan terkait kondisi kekebalan. Berikut studi yang meneliti manfaat ekstrak daun pepaya untuk pengobatan kanker.

Studi

Para peneliti di University of Florida melakukan penelitian untuk memahami kemampuan anti-kanker dari ekstrak daun pepaya. Dalam studi tersebut, berbagai jenis kanker diuji dengan ekstrak daun pepaya, seperti kanker payudara, hati, dan pankreas. Secara total, para ilmuwan mempelajari pengaruh ekstrak daun pepaya pada 10 jenis kanker yang berbeda.

Temuan penelitian

- Tingkat pertumbuhan tumor lebih lambat setelah mereka mengonsumsi ekstrak daun pepaya. Hal ini berlaku untuk semua kanker yang dipelajari.

- Ekstrak daun pepaya meningkatkan sekresi Th1 tipe cytokins. Molekul-molekul ini memainkan peran kunci dalam regulasi sistem kekebalan tubuh kita.

- Ekstrak daun pepaya dapat bermanfaat dalam pengobatan penyakit autoimun dan kondisi terkait masalah kekebalan. Dikutip dari laman Bewellbuzz.

(hel)