Tiga Cara Membuat Kopi agar Lebih Sehat
Thursday, 15 September 2016
Tiga Cara Membuat Kopi agar Lebih Sehat

SESEORANG yang sudah kencanduan dapat mengonsumsi 3 sampai 4 cangkir kopi per hari. Jika Anda membuat kopi dengan banyak tambahan gula atau pemanis buatan dan creamers buatan, maka ini tidak baik untuk kesehatan dan berisiko diabetes.

Pertama, Anda mungkin telah mendengar perdebatan di masa lalu tentang bagaimana kopi memiliki beberapa senyawa di dalamnya yang bisa memiliki efek kesehatan negatif seperti sejumlah kecil akrilamida atau senyawa lain yang mungkin berbahaya dalam kopi seduh.

Tapi, kabar baiknya adalah kopi memiliki konsentrasi tinggi seperti antioksidan yang bermanfaat, nutrisi fenolik, asam chlorogenic, dan senyawa lain yang sehat.

Bahkan, kopi memberikan sumber terbesar antioksidan bagi kebanyakan orang di Amerika Serikat. Meskipun ada fakta banyak orang Amerika Serikat tidak mendapatkan cukup antioksidan dari buah-buahan dan sayuran, sehingga kopi menjadi sumber terbesar mereka.

Jadi apa cara terbaik untuk membuat secangkir kopi yang sehat? Nah, inilah 3 triyang paling penting untuk memaksimalkan manfaat dari kopi dan meminimalkan efek negatifnya, seperti dilansir Truthaboutabs, Rabu (14/9/2016).

Pertama-tama, Anda perlu menghindari menambahkan gula halus atau pemanis buatan berbahaya dalam secangkir kopi. Sebagai gantinya adalah menggunakan sirup maple organik atau ekstrak dari daun stevia alami untuk sedikit mempermanis kopi.

Atau Anda bisa menambahkan gula merah yang lebih sehat daripada gula biasa. Di sisi lain, jika Anda suka kopi hitam tanpa pemanis sama sekali, itulah cara yang lebih sehat.

Langkah kedua, Anda juga harus mencoba untuk menghindari penggunaan creamers buatan (cair atau bubuk), yang biasanya dibuat dengan padatan sirup jagung dan minyak terhidrogenasi (lemak trans yang berbahaya).

Sebaliknya, gunakan sedikit krim. Lemak dalam krim akan mengurangi rasa pahit kopi. Krim juga memiliki rasa manis alami.

Jika sulit mendapatkan krim yang mengandung lemak, Anda bisa menggunakan krim kelapa sebagai salah satu alternatif creamer sehat.

Tips ketiga, jika Anda ingin menjaga antioksidan dalam kopi yang lebih sehat dengan rasa yang enak, dapat mempertimbangkan untuk mencoba beberapa kayu manis ke dalam cangkir kopi Anda.

Kayu manis dapat membantu mengontrol gula darah dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Kayu manis juga benar-benar lezat dicampur dalam secangkir kopi!

Satu sendok teh bubuk coklat organik (non-manis) untuk kopi juga dapat dilakukan untuk membuat kopi dengan rasa moka. Menambahkan bubuk cokelat juga memberi Anda tambahan dosis antioksidan yang sangat sehat. Kakao juga dikenal untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Disarankan minumlah 1 cangkir kopi per hari, untuk menghindari overdosis dan kecanduan pada kafein. Jumlah kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.

Orang-orang yang minum 3 - 4 cangkir per hari kerap merasa sakit kepala jika mereka mengurangi konsumsi kopi mereka

Anda dapat menyelingin minum kopi dengan minum berbagai teh hijau, teh oolong, teh hitam, dan teh melati yang jauh lebih rendah kafein.

(hel)