Mau Panjang Umur? Yuk, Santap 5 Makanan Ini

Kamis, 15 Sep 2016 - 10:47 WIB

MAKAN adalah kebutuhan manusia tapi jenis, jumlah serta waktu makan bisa mempengaruhi berbagai hal. Jika ingin umur Anda lebih panjang, coba pilah kembali makanan yang Anda makan pasalnya ada makanan yang dikatakan bisa memperpanjang umur seseorang. Apa saja?

Dilansir dari Prevention, Rabu (14/9/2016) berikut 5 makanan yang bisa Anda santap jika ingin berumur panjang. Mungkin salah satunya makanan favorit Anda, dan bersiaplah panjang umur.

Kacang

Kabar baik untuk pecinta kacang. Snack ini bisa memperpanjang usia Anda. Dua penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan fakta bahwa semakin sering orang makan kacang maka semakin rendah resiko seseorang meninggal di usia muda. Tapi tentu saja segala yang berlebihan tidaklah baik. Saran konsumsi kacang perhari maksimal adalah segenggam. Banyak jenis kacang yang bisa dipilih mulai dari almond, mede, pistachio hingga kacang hazelnut.

Biji-bijian

Banyak makanan yang diolah dari bahan baku biji-bijian, produk paling banyak adalah hasil olahan biji gandum. Makan makanan seperti roti, pasta dan makanan yang mengandung biji-bijian bisa memperpanjang umur seseorang. Sebuah penelitian di JAMA Internal Medicine setiap orang yang makan biji-bijian sebanyak 1 ons perhari memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung. Seperti diketahui, penyakit jantung dikenal sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Perhatikan kemasan roti sebelum membelinya, pastikan tertulis 100 persen gandum.

Makanan pedas

Bagian yang satu ini pasti terdengar menarik bagi si penyuka pedas. sebuah penelitian menunjukkan makanan pedas membuat seseorang memiliki kondisi tubuh lebih sehat. Studi yang dilakukan pada 450 ribu pria dan wanita di China menunjukkan mereka makan makanan pedas setidaknya 7 atau 7 kali dalam seminggu. Dari data ini diperoleh angka risiko kematian 14 persen lebih rendah daripada mereka yang makan makanan pedas hanya sekali dalam seminggu. Banyak pilihan makanan pedas yang bisa dipilih sesuai selera mulai dari snack hingga makanan utama.

Rumput laut

Ini adalah alasan yang baik untuk menyantap sushi dan memesan salad rumput laut di resto Jepang favorit Anda. Ada lebih dari 1000 penelitian menyimpulkan bahwa makan rumput laut dapat menekan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini juga yang menjadi bukti jika masyarakat Jepang adalah salah satu yang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia.

Ikan

Kita selalu berpikir ikan adalah makanan yang baik untuk perkembangan otak tapi penelitian membuktikan hal lain. salah satu senyawa yang terkandung dalam ikan adalah karotenoid yang terbukti memiliki fungsi sebagai pelindung saraf. Belum lagi kandungan omega 3 yang menjaga sel tubuh agar tetap muda. Berbagai olahan ikan bisa dibuat dengan mudah, bahkan beberapa jenis ikan bisa disantap mentah dan tetap terasa lezat.

(hth)