Selain Rokok, Ini Hal-Hal yang Bisa Merusak Sel Otak
Thursday, 18 August 2016
Selain Rokok, Ini Hal-Hal yang Bisa Merusak Sel Otak

OTAK adalah organ vital dari tubuh Anda, sehingga perlu menjaganya dari kerusakan. Tidak hanya kebiasaan merokok, ada sejumlah hal yang perlu dihindari untuk mencegah kerusakan otak.

Berikut hal-hal yang dapat merusak sel-sel otak selain merokok seperti dilansir dari Thehealthsite.

Alkohol

Sebuah studi yang dilakukan Rutgers University menemukan bahwa minum alkohol berlebihan menyebabkan kerusakan struktural otak orang dewasa. Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan dapat mengurangi produksi sel-sel otak sekira 40 persen.

Pestisida

Hampir semua buah-buahan dan sayuran yang kita beli berisiko terkontaminasi pestisida. Menurut konsultan Dr Ajay Gupta dari Apollo Hospitals, Dehli, pestisida dapat mempengaruhi sel-sel otak, bahkan mengakibatkan kematian neuron.

Polusi udara

Menurut spesialis paru, Dr Shantanu Chhajed, polusi udara dapat menyebabkan peradangan persisten dari saluran udara Anda, sehingga mengakibatkan kematian sel-sel otak karena kekurangan oksigen.

Sleep apnea

Sleep apnea dapat membunuh sel-sel otak, karena kekurangan oksigen. Ketika pernapasan terhambat, otak tidak mendapatkan cukup oksigen untuk menjaga sel-sel tetap sehat, kata dokter spesialis tidur, Dr Preeti Dewan.

(hel)