Proyek Balon Google Siap Mengudara di Indonesia
Saturday, 13 August 2016
Proyek Balon Google Siap Mengudara di Indonesia

JAKARTA - Proyek balon internet Google atau disebut Proyek Loon saat ini diketahui akan mulai siap mengudara di wilayah nusantara, untuk menghubungkan daerah-daerah yang belum mendapatkan koneksi internet.

Hal itu diungkap oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Rudiantara, di kantornya, Kamis (11/9/2016) kemarin.

Meski telah ada pembicaraan dengan pihak X, namun Rudi tidak mengetahui secara pasti kapan waktu peluncuran dari Proyek Loon ini.

"Tadi sudah ada orang dari X. Sudah ketemu. Mereka update statusnya saat ini dari segi security sudah ada komunikasi dengan Mabes TNI," kata pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

"Kemudian dari sisi perhubungan mereka sebetulnya koordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Tapi karena Menterinya baru jadi mereka ingin bertemu degan menteri yang sekarang ini," lanjut Rudiantara.

Soal pembagian wilayah, hal itu diungkapnya akan tergantung pada operator yang mendukung proyek tersebut. "Soal wilayah operator yang mentukan sendiri," singkatnya.

Seperti diketahui, Proyek Loon ini menggandeng beberapa operator dalam negeri dalam menyebarkan internet ke seluruh pelosok nusantara. Kominfo mengharapkan balon Google sudah bisa diterbangkan tahun ini.