Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Mudik
Tuesday, 28 June 2016
Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Mudik

JAKARTA - Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan menjelang mudik, mulai dari transportasi, tiket, penginapan, pakaian serta perlengkapan lainnya.

Namun, masalah kesehatan mata sering terabaikan. Padahal, kondisi mata yang sehat akan turut menunjang kelancaran mudik dan hari lebaran anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Sebaiknya periksa mata dan tajam penglihatan terlebih dahulu sebelum berpergian jauh. Bila sudah menggunakan kacamata, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan ulang setiap tahun untuk mengetahui perubahan ukuran kacamata," papar dokter mata Rumah Sakit Evasari, dr. Faresa Hilda, SpM saat dihubungi Sindonews, Senin (27/6/2016).

Bagi pengendara motor, dr. Faresa menyarankan untuk menggunakan kacamata pelindung untuk menghindari kotoran atau debu yang dapat mengiritasi mata. Pasalnya, iritasi mata bisa memicu terjadinya infeksi mata. Bagi wanita yang kerap menggunakan riasan mata (eyeliner, mascara), pastikan untuk membersihkannya sebelum tidur malam dengan pembersih riasan yang aman bagi mata.

"Jangan mengosok-gosok mata maupun membilasnya dengan air keran atau air rendaman lainnya bila merasakan rasa mengganjal di mata. Obat tetes lubrikasi mata (artificial tears) dapat membantu membersihkan mata anda sekaligus menjaga kelembabannya," ujarnya

Untuk penggunaan lensa kontak, idealnya selama mudik dilakukan pembatasan terlebih dahulu. Penggunaan lensa kontak dipercaya menyebabkan mata kering, rentan mengalami iritasi serta infeksi. Hal ini pun akan diperparah jika kebersihan lensa tidak terjaga.

"Jangan menggunakan lensa kontak selama tidur. Selalu ganti cairan pembersih lensa kontak setiap hari dengan cairan pembersih lensa kontak yang steril. Cucilah tangan sebelum dan sesudah menggunakan lensa kontak," jelasnya.

Sementara itu, bagi yang bepergian jauh menggunakan pesawat terbang dengan paparan AC terus menerus juga dapat menyebabkan mata kering. Hal ini tentu akan membuat Anda tidak nyaman. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memejamkan mata selama beberapa menit, setiap 30 menit.

"Hal ini dapat membantu menjaga kelembaban mata. Penggunaan obat tetes air mata buatan (artificial tears) dapat pula digunakan untuk menjaga kelembaban mata," pungkasnya.

(okz/amr)