Selain Kurma, Pisang Juga Baik untuk Menjaga Stamina Selama Berpuasa
Monday, 27 June 2016
Selain Kurma, Pisang Juga Baik untuk Menjaga Stamina Selama Berpuasa

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Di bulan puasa ini, konsumsi buah-buahan lokal termasuk pisang baik untuk jaga stamina.

Di 10 hari terakhir bulan Ramadan, Sunpride menggelar "Ngabuburit Bersama Sunpride" yang diselenggarakan pada (25/06) di Arion Swiss-Belhotel, Jakarta Selatan.

Selama ini banyak orang mengira Sunpride merupakan produk buah impor, padadal buah-buahan yang dihasilkan Sunpride ditanam oleh perusahaan lokal yaitu PT Sewu Segar Nusantara di perbatasan Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1995 ini memiliki produk andalan yaitu buah pisang berjenis Cavendish. Pisang Cavendish merupakan salah satu pisang berkualitas terbaik yang banyak dijual supermarket lokal bahkan internasional.

"Untuk menghasilkan pisang yang berkualitas, kami melakukan teknik kultur jaringan. Dari kultur tersebut bibit kemudian dimasukkan dalam proses khusus yang dinamakan mother plan untuk menghasilkan bibit unggul," tutur Luthfiany Azwawie, Marketing and Communication Manager PT Sewu Segar Nusantara.

Menurut Luthfiany para pekerja di kebun menggunakan cable way untuk mengangkut pisang yang siap panen. "Dari kebun diantarkan langsung ke tempat pembersihan sekaligus pengemasan yang berada di setiap bagian perkebunan," jelasnya.

Turut dalam acara perkenalan ini, Dr. Pauline Endang, MS, SpGK, selaku Spesialis Gizi Klinik. Iapun membagikan informasi tentang manfaat konsumsi buah segar untuk kesehatan, terutama saat menjalani puasa.

"Selama 13 hingga 14 jam kita berpuasa tentu cairan dalam tubuh akan berkurang. Kurma dan pisang menjadi salah satu buah yang bisa dikonsumsi saat berbuka karena tinggi vitamin, serat dan kalium. Karena saat dehidrasi kadar kalium dalam tubuh akan berkurang," tutur dokter gizi yang juga berpraktek di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus.

Manfaat kesehatan yang dihasilkan dari buah pisang ternyata juga tertuang dalam Al-Qur'an.

"Keutamaan buah pisang disebutkan dalam Al-Waqiah yang menjelaskan bahwa di Surga banyak sekali buah-buahan enak dan mengenyangkan. Salah satunya adalah buah pisang yang bersusun," tutur Ustadz Rezky Ariandi Al-Fatih.

Ustadz Rezky juga menambahkan bahwa, dalam surat Ar-Rahman juga disebutkan bahwa ada banyak buah-buahan yang mudah dipetik termasuk buah pisang. Selain itu, para ulama juga menyetujui bahwa buah pisang memiliki khasiat penting seperti meredakan batuk hingga penyakit paru-paru. 

Pisang juga berkhasiat untuk menangkal sel kanker karena menghasilkan zat NTF (Tumor Necrosis Factor) yang dapat menambah sel darah putih dan dapat mengganti sel-sel yang rusak. Dalam satu buah pisang mengandung 75 persen air, 12 persen gula, 5 persen pati, 2 persen serat, 6 persen vitamin dan mineral.

Selain pisang, PT Sewu Segar Nusantara juga menghasilkan beberapa produk buah seperti nanas honi, pepaya, jeruk, apel hingga jambu biji. 

(dtk/odi/adr)