Mengapa Kunang-Kunang Dapat Mengeluarkan Cahaya?

Senin, 27 Jun 2016 - 09:32 WIB

JAKARTA - Kunang-kunang mungkin dianggap sebagai binatang yang bisa menambah romantisme suasana. Binatang yang disebut fireflies ini merupakan serangga yang indah karena mampu mengedipkan cahaya yang indah seperti bintang.

Tetapi tahukah Anda mengapa kunang-kunang dapat mengeluarkan cahaya? Alasan utamanya dalah untuk menarik perhatian lawan jenisnya dengan kilatan cahaya ketika tiba saatnya musim kawin.

Kunang-kunang jantan akan memulai pertunjukkan tarian cahayanya dengan harapan terlihat oleh kunang-kunang betina. Apabila tertarik sang betina akan membalas dengan memberi sinyal cahaya tanda siap kawin.

Cahaya yang dikeluarkan kunang-kunang berasal dari perut bagian bawah. Cahaya itu dihasilkan oleh photocytes (lapisan kecil sel reflektif) yang mengeluarkan cahaya berwarna kuning kehijauan.

Di dalam sel reflektif ini terdapat sebuah organel yang disebut peroxizome yang bereaksi dengan enzim yang dikenal sebagai luciferase dan protein luciferin.

Kombinasi ini akan mencipatkan molekul yang sangat tidak stabil dan melepaskan energinya dalam bentuk foton cahaya. Molekul akan kembali menjadi stabil ketika oksigen masuk sehingga cahaya pun padam.

Namun di balik keindahan itu, konon kunang-kunang sering dianggap mempunyai mitos yang cukup menyeramkan, sering disebut sesuatu yang buruk kematian dan identik dengan makhluk halus atau sebagai kuku orang mati. Demikian dirangkumOkezone dari ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’ Senin (27/6/2016).

(kem/Okezone)