5 Makanan Super untuk Melindungi Kesehatan Jantung
Monday, 27 June 2016
5 Makanan Super untuk Melindungi Kesehatan Jantung

DIET dan gaya hidup sehat dapat membantu melindungi kesehatan jantung Anda. Banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa diet sehat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 80 persen.

Ketika kita berbicara makanan apa yang termasuk 'sahabat' jantung, maka perlu menyertakan buah-buahan, sayuran dan lemak sehat. Berikut 5 makanan super yang melindungi kesehatan jantung seperti dikutip dari Zeenews, Senin (27/6/2016)

Blueberry

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam blueberry dapat mengurangi penumpukan kolesterol jahat atau LDL di dinding arteri. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Jadi, rutin konsumsi blueberry untuk kesehatan jantung.

Kacang

Kacang-kacangan seperti kenari, kacang mete, kemiri dan almond mengandung asam lemak omega 3 yang telah terbukti berpotensi mencegah pembekuan darah dan irama jantung tidak teratur. Selain itu, kacang juga mengandung lemak tak jenuh yang meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Ikan salmon

Ikan berminyak seperti salmon adalah salah satu sumber terbaik lemak sehat, yaitu asam lemak omega 3. Lemak sehat ini dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Oatmeal

Oat dan oatmeal mengandung serat yang disebut beta glukan, yaitu serat larut yang dihubungkan dengan peningkatan kolesterol baik atau HDL. Karena itu, mengonsumsi oatmeal setiap hari akan meningkatkan kesehatan jantung.

Jeruk

Jeruk dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah flu, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Hal ini terutama karena kehadiran nutrisi pektin dan kalium. Pektin menyerap kolesterol dan mencegah terbentuknya jaringan parut pada jantung, sedangkan kalium membuat tekanan darah terkendali.

(hel/Okezone)