Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Berpuasa
Wednesday, 15 June 2016
Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Berpuasa

Puasa mengharuskan kita untuk mengurangi asupan makanan di siang hari. Tidak heran jika, banyak yang mengeluhkan lemas saat berpuasa. Alasan tersebut lalu dijadikan alasan untuk mengurangi aktivitas fisik seperti olahraga.

Padahal sebenarnya, perasaan lemas dirasakan karena proses adaptasi tubuh dengan pola makan pada saat Ramadhan. Karenanya, pada saat hari pertama, kamu akan merasakan lebih lemas ketimbang puasa berikutnya.

Ingat, puasa bukan pantangan untuk berolahraga. Olahraga justru dapat menghindarkan kita dari rasa lemas dan lesu selama puasa. Dilansir Boykepedia dari The Guardian, olahraga membantu metabolisme tubuh agar tetap berjalan optimal selama puasa. Yang perlu diperhatikan adalah pola latihan dan jenis olahraga apa yang bisa dilakukan saat berpuasa.

Bersepeda

Bersepeda setelah sholat shubuh juga baik untuk kesehatan karena, karena makanan belum lama diproses menjadi energy. Setelah itu energy yang sudah diproses dapat digunakan untuk beraktivitas selama 10 jam kedepan.

Yoga

Yoga merupakan olahraga peregangan otot yang dikombinasikan dengan pengaturan nafas, dan Yoga menjadi olahraga favorit saat puasa, karena ringan dan tidak harus mengeluarkan banyak keringat.

Aerobik

Olahraga ini sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, dan ini bisa dilakukan secara efektif tanpa harus melakukan berolahraga berat dan berkeringat, tentu hal ini sangat membantu, walaupun puasa namun progam diet tetap jalan dan Olahraga Aerobik adalah jawabannya.

Waktu yang tepat untuk berolahraga? Menjelang buka puasa.

Waktu yang tepat untuk olahraga dan bergerak badan idealnya satu jam menjelang buka. Alasannya selain begitu selesai dapat langsung minum, kemungkinan kehabisan gula dalam darah bisa segera tergantikan saat berbuka. Dengan demikian risiko dehidrasi, dan pingsan oleh anjloknya gula darah, kecil kemungkinan sampai terjadi.