Panduan Menjaga Berat Badan Selama Berpuasa
Tuesday, 07 June 2016
Panduan Menjaga Berat Badan Selama Berpuasa

BERPUASA tidak selalu membuat berat badan seseorang menurun. Justru sebaliknya, beberapa orang seringkali mengalami kenaikan berat badan saat berpuasa di bulan Ramadan.

Kenaikan berat badan saat puasa bisa disebabkan oleh pola makan yang kurang baik. Lalu, bagaimana agar Anda tidak mengalami kenaikan berat badan saat puasa di bulan Ramadan?

Berikut panduan menjaga berat badan selama puasa di bulan Ramadan yang dilansir dari Khaleejtimes.

Hindari lemak

Tentu Anda boleh mengonsumsi susu saat berbuka atau sahur. Alangkah baiknya, jika Anda memilih susu yang rendah lemak. Jika Anda ingin mengonsumsi daging, pilihkah daging yang tidak berlemak.

Konsumsi buah

Keputusan yang baik untuk memilih buah ketimbang gorengan sebagai menu berbuka puasa. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah akan sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

Olahraga kecil

Setelah berbuka puasa, alangkah lebih baik untuk berjalan kaki selama 30 hingga 60 menit untuk membakar kalori ekstra dalam tubuh.

Hindari minyak

Saat memasak, ada baiknya Anda menghindari masakan yang berminyak. Makanan lebih baik dimasak dengan cara memanggang, merebus, atau mengukus, untuk menghindari asupan lemak jenuh dalam tubuh.

Hindari makan berlebihan

Penting untuk membatasi makan pada saat iftar dan sahur. Makan secara berlebihan dapat menambah berat badan Anda, apalagi tak disertai dengan olahraga.

Hindari makan berlebihan

 

Berbuka puasa, bukan saatnya Anda membalas dendam rasa lapar karena hampir seharian tak ada asupan yang masuk ke dalam perut Anda. Berbuka puasalah dengan porsi yang masuk akal dan tetap memoderasi menu makanan.

Mengunyah makanan perlahan

Untuk menghindari gangguan pencernaan, penting bagi Anda untuk mengunyah makanan secara perlahan.

Makanan pembuka

Setelah minum air mineral, Anda bisa memilih sup atau salah sebagai menu berbuka puasa. Setelahnya, Anda akan merasa lebih kenyang.

Asupan mineral

Meski Anda sedang menjalankan puasa di bulan Ramadan, buka berarti Anda mengabaikan asupan mineral 8 gelas setiap harinya pada jam sahur atau berbuka puasa.Asupan cairani dapat menghindari Anda dari dehidrasi.

Makan buah

Pada saat berbuka, Anda juga dapa mengonsumsi buah-buahan segar, tanpa tambahan gula. Pilihlah buah-buahan yang manis, sehingga asupan gula dalam tubuh Anda terpenuhi.

(hel) / okezone