Youtube di iOS Kini Dukung Headset Google Cardboard

Selasa, 17 Mei 2016 - 11:13 WIB

CALIFORNIA – Sebulan setelah menambahkan dukungan virtual reality (VR) ke Youtube versi Android, kini Google membawa fitur tersebut untuk pengguna iPhone.

Dilansir The Verge, Selasa (17/5/2016), aplikasi YouTube iOS mencatat bahwa sekarang terdapat dukungan Google Cardboard. Dengan memiliki ikon kecil di bawah video apa pun, pengguna bisa menonton video 360 derajat dalam virtual reality melalui salah satu headset cardboard atau menonton video lainnya pada layar datar di lingkup VR seperti TV berukuran besar.

Di luar Samsung Gear VR, yang mendukung ponsel flagship Samsung, Google Cardboard juga merupakan alat yang bisa digunakan untuk menikmati pengalaman virtual reality secara mobile. Pada saat diluncurkan, headset itu hanya bisa bekerja dengan ponsel Android.

Akan tetapi pada versi kedua yang dirilis 2015, headset mampu mendukung perangkat iOS. Saat ini, kedua platform itu mendukung aplikasi seperti portal berita.

Tak sampai di situ, Google tampaknya juga ingin membuat perangkat VR lagi, namun perangkat ini akan menjadi headset VR mandiri. Headset yang dijuluki Android VR rencananya akan diluncurkan pada ajang Google I/O 2016.

(din)