Atasi Bau Mulut dengan Enam Cara Ini
Tuesday, 10 May 2016
Atasi Bau Mulut dengan Enam Cara Ini

KAPAN Anda merasa bau mulut menyerang? Setelah mengkonsumsi makanan pedas atau setelah menyesap kopi? Ya, dua hal itu selain alkohol dan bawang-bawangan dapat menyebabkan bau mulut. (sumber: fox)

Namun, menurut para ahli, kebersihan mulut adalah alasan nomor satu yang menyebabkan bau mulut. Bayangkan saja jutaan bakteri hidup di garis gusi dan di belakang lidah, yang bila tidak dibersihkan secara regular akan memakan protein dan partikel makanan di dalam mulut dan melepas gas yang mengandung senyawa sulfur. Hasilnya, gigi keropos, kerusakan gusi dan bau mulut. 

Parahnya lagi, 10% orang dengan masalah bau mulut punya resiko terkena infeksi, pneumonia atau bronchitis dan penyakit saluran pernapasan lainnya. Beberapa bahkan mempunyai GERD (gastroesophageal reflux disease), diabetes atau kondisi liver dan ginjal yang buruk. Wah, bagaimana caranya menghilangkan bau mulut ini? Coba scroll terus halaman ini ke bawah.

1. Buat Jadwal dengan Dokter Gigi

Sangat penting untuk mengetahui darimana bau mulut Anda berasal. Dan apakah bau mulut ini berasal dari masalah kesehatan atau masalah pada mulut dan gigi Anda. Dan karena bakteria hidup di kantung paling dalam di bawah garis gusi, hanya dokter gigi Anda yang bisa membersihkannya dengan benar.

2. Minum

Pastikan untuk selalu minum air putih setiap hari. Ketika kadar air liur Anda menurun, ini dapat menyebabkan napas lebih terkonsentrasi. Selalu pastikan membawa air kemanapun Anda pergi dan pastikan untuk meminumnya.

3. Pilih-pilih Moutwash

Moutwash memang punya fungsi untuk membunuh bakteria yang dapat menyebabkan napas buruk. Lain halnya bila mouthwash Anda mengandung alkohol yang sangat tinggi karena malah akan membuat mulut kering dan menyebabkan bakteria tumbuh. Cari mouthwash dengan kandungan bebas alkohol dan bahan-bahan seperti menthol, eucalyptol atau thymol. Juga, tunggu 15 menit setelah menggosok gigi sebelum berkumur dengan mouthwash Anda.

4. Segelas Wine

Sebuah studi di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa meminum anggur merah secara moderat dapat memperlambat pertumbuhan bakteri. Pastikan selalu membilas mulut dengan air untuk mencegah gigi terkena noda wine.

5. Apel

An apple a day keeps the doctor away. Buah yang kaya akan serat ini bila dikunyah akan membantu membersihkan gigi Anda. Dan kandungan vitamin C-nya akan membunuh bakteri di mulut.

6. Secangkir Teh

Ganti kopi sore Anda dengan secangkir green tea atau black tea. Teh terkenal mengandung polyphenols yang dapat mencegah bakteri dalam mulut untuk tumbuh. Anda pun bebas dari bau mulut.

(FHM)