Apa yang Terjadi jika Menelan Permen Karet?
Wednesday, 04 May 2016
Apa yang Terjadi jika Menelan Permen Karet?

JAKARTA – Permen karet bisa jadi penganan kesukaan setiap anak. Tak hanya karena rasanya yang beraneka ragam, permen karet juga baik untuk olahraga rahang. Namun, apa yang terjadi jika permen karet tertelan?

Permen karet terdiri dari bahan-bahan alami atau sintetis (gum resin), bergantung permen karet yang dipilih. Permen karet biasanya berisi gum base, pengawet, pemanis buatan, pewarna, dan penyedap.

Ada juga mitos menakutkan yang mengklaim bahwa jika menelan permen karet maka akan tetap ada di dalam perut selama tujuh tahun. Tak hanya untuk anak-anak, bahkan orang dewasa yang tidak sengaja menelan permen karet juga ketakutan.

Berdasarkan laporan Science ABC, Selasa (3/5/2016), permen karet faktanya memang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Namun, ini tidak berarti menelan permen karet sangat berbahaya bagi tubuh.

Permen karet yang tertelan tidak bisa dicerna karena memang terdiri dari bahan-bahannya. Namun sebenarnya, tubuh pasti pernah menelan bahan-bahan yang tidak bisa dicerna lainnya namun bisa mengeluarkannya.

Ini berarti bahwa permen karet yang tertelan akan ditekan keluar oleh gerakan peristaltik. Permen karet pun akan berakhir di toilet dalam waktu satu sampai dua hari berkat sistem pencernaan kita.

Kendati demikian, ini tidak berarti menelan permen karet aman. Jika sering terjadi, permen karet berpotensi menyumbat jalan pencernaan. Oleh karena itu, anak harus diberi pengertian antara menelan, makan, dan mengunyah makanan.

(ahl)