5 Makanan Sehat Solusi Susah Buang Air Besar
Friday, 29 April 2016
5 Makanan Sehat Solusi Susah Buang Air Besar

SUSAH buah air besar (BAB) atau sembelit adalah gangguan pencernaan yang membuat seseorang tidak nyaman. Biasanya seseorang yang tidak BAB berhari-hari akan meminum obat pencahar untuk melancarkan.

Tapi, sesungguhnya Anda tidak membutuhkan obat pencahar untuk melancarkan BAB. Karena, 5 makanan berikut bisa menjadi solusi masalah sembelit.

Gandum

 

Gandum dianggap sahabat perut karena mengandung kaya serat. Hal ini akan membantu untuk menjaga keteraturan usus dan mencegah sembelit.

Yogurt

 

Yogurt sering dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk pencernaan. Hal ini karena yogurt mengandung banyak bakteri baik yang berperan dalam proses pencernaan. Karena itu, yogurt juga bisa mengatasi banyak masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Ubi bit

 

Bit mengandung kaya serat, kalium dan magnesium yang membantu sistem pencernaan yang sehat. Karena itu, makan bit dapat mencegah sembelit dan sakit perut.

Apel

 

Banyak yang tidak tahu bahwa apel baik untuk pencernaan. Buah ini mengandung serat larut dan tidak larut. Serat larut dikenal sebagai selulosa dalam apel membantu meringankan sembelit dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Pisang

 

Pisang adalah buah yang baik, karena membantu proses pencernaan dengan menyerap racun, feses dan merangsang buang air besar. Hal ini karena pisang mengandung serat yang tinggi, sehingga mencegah sembelit. Demikian dikutip dari Zeenews, Jumat (29/4/2016).