Kenapa Matahari Selalu Terlihat Mengikuti Manusia?
Friday, 29 April 2016
Kenapa Matahari Selalu Terlihat Mengikuti Manusia?

JAKARTA - Pernahkah Anda memperhatikan ketika sedang berada di kendaraan, Matahari tampak bergerak bersama Anda? Sejauh apapun perjalanan yang ditempuh, Matahari terlihat selalu mengikuti.

Mengapa bisa terjadi demikian? Mata manusia memiliki jarak pandang yang terbatas. Anda hanya dapat melihat benda dalam jarang pandang tersebut. Bidang pandangan itu akan melebar sejauh Anda pergi.

Hal itu mengakibatkan benda yang jaraknya jauh tinggal lebih lama di bidang pandangan Anda daripada sesuatu yang berada lebih dekat. Dan objek yang sangat jauh tampak dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama.

Matahari berjarak 149.597.870 kilometer dari Bumi. Itu adalah jarak yang sangat jauh, sehingga tampak terlihat tinggal di tempat yang sama.

Satu-satunya objek yang dapat membuat matahari bergerak di langit adalah Bumi itu sendiri. Bumi berputar pada porosnya dengan kecepatan yang sedikit lebih dari 1.600 kilometer per jam. Untuk menyelesaikan satu putaran, Bumi membutuhkan 23 jam, 56 menit dan 4,1 detik. Demikian seperti dikutip Pitara , Kamis (28/4/2016).