Tidur Tak Teratur? Coba Makan Makanan Ini
Wednesday, 20 April 2016
Tidur Tak Teratur? Coba Makan Makanan Ini

KESIBUKKAN bekerja membuat beberapa orang memiliki waktu makan atau waktu tidur yang berantakan dan mengacaukan jam tubuh alami kita. Tak heran jika masalah kesehatan seperti fase tidur terlambat menjadi hal sering ditemui.

Dilansir dari Zeenews, Selasa (19/4/2016), sebuah tim peneliti di University of Edinburgh baru-baru ini membuat penemuan mengejutkan bahwa sejumlah magnesium yang ditambahkan dalam diet harian bisa membantu meregulasi siklus bangun dan tidur tubuh kita.

Mereka mengobservasi aktivitas sel manisia yang dikumpulkan dalam 24 jam. Selama itu, kadar magnesium secara drastis meningkat dan menurun dalam siklus tidur dan bangun dalam 24 jam. Tim peneliti pun menyimpulkan bahwa kehadiran magnesium secara langsung berhubungan dengan jumlah waktu tidur seseorang dan berapa energi yang mereka bakar sepanjang hari.

Studi yang dipublikaskan dalam jurnal Nature menggarisbawahi bahwa kadar magnesium mengontrol fungsi biologikal dalam bagaimana dan kapan sel membakar energi secara efektif. Peneliti mengklain bahwa penemuan ini akan memberikan timbal balik yang bernilai untuk perkembangan pengobatan kronoterapi.

Keteraturan jam biologis sangat penting, menurut para ahli, ini akan mencegah masalah kesehatan kronis seperti depresi, masalah suasana hati, gangguan tidur, dan yang lainnya. Jadi, daripada minum pil tidur, lebih baik mengonsumsi makanan kaya magnesium seperti sayiran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan coklat.

(hel)