Emosi Naik Turun? Coba Pergi Lari Cepat
Wednesday, 13 April 2016
Emosi Naik Turun? Coba Pergi Lari Cepat

LATIHAN fisik diketahui bisa memberi endorfin dan endorfin membuat Anda bahagia. Tapi benarkah lari cepat bisa membuat suasana hati yang muram jadi lebih bahagia? Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cognition and Emotion menyimpulkan bahwa berlari (bukan lari dari kenyataan) bisa menyelamatkan dari bencana emosional.

Sekelompok peserta studi yang terdiri dari 80 orang (pria dan wanita berimbang) diminta untuk pergi lari dengan kecepatan sedang selama 30 menit atau melakukan kegiatan peregangan dengan waktu yang sama. Sebelum dan sesudah kegiatan tersebut, mereka mengisi survei online untuk mengetahui tingkat suasana hati mereka. Selanjutnya, mereka diminta menonton klip video dari film sedih The Champ, diikuti film yang lebih ceria, When Harry Met Sally.

Mereka yang melakukan peregangan 30 menit sebelimnya melaporkan tingkat sedih dan suka mereka tidak berubah. Tapi setelah menonton film, kelompok yang habis berlari lebih mampu mengontrol emosi kembali dibandingkan dengan mereka yang melakukan peregangan.

Dari sini, peneliti menyumpulkan bahwa pelari dapat lebih baik dalam menangani masalah emosi, seperti setelah menonton film yang mengocok pikiran dan emosi mereka. Jadi, kegiatan yang dilakukan lebih cepat akan meningkatkan kerja mental dan membuat diri kita bisa kembali mengontrol emosi. Demikian seperti dilansir dariWomenshealthmag, Rabu (13/4/2016).

(okezone/hel)